• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Malang Raya

Menyambut Harlah NU, Bakal Ada 98 Titik Aksi Sosial LAZISNU se-Jatim

Menyambut Harlah NU, Bakal Ada 98 Titik Aksi Sosial LAZISNU se-Jatim
A Afif Amrullah, Ketua PW NU Care-LAZISNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/KPU)
A Afif Amrullah, Ketua PW NU Care-LAZISNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/KPU)

Malang, NU Online Jatim
Pengurus Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur bakal menggelar aksi dalam rangka menyongsong Harlah ke-98 NU di berbagai daerah serentak se-Jawa Timur.

 

Hal tersebut dibenarkan oleh, Ketua PW NU Care-LAZISNU Jawa Timur, A Afif Amrullah bahwa selain agenda rutin akan ada kegiatan besar menyongsong Harlah NU.

 

"Peringatan Harlah ke-98 NU, kita melakukan yang namanya aksi sosial di 98 titik seluruh Jawa Timur bersama dengan para pengurus LAZISNU di tingkat cabang. Ini akan dilakukan secara serentak pada hari Jum'at (26/02/2021) mendatang," kata A Afif Amrullah saat ditemui selepas peresmian Rumah LAZISNU di Malang, Senin (15/02/2021).

 

Pihaknya sekarang masih melakukan proses tabulasi mengumpulkan data, apa saja yang mereka lakukan agar mengetahui bentuk kegiatannya.

 

"Bentuknya macam-macam, ada yang bedah rumah, ada yang santunan anak yatim, yang progam peduli guru ngaji dan seterusnya," ungkapnya.

 

Selain itu, sejak terjadi bencana di awal tahun 2021 memang memberikan imbauan kepada seluruh LAZISNU baik dari kabupaten, kecamatan bahkan ranting untuk penggalangan dana peduli bencana, karena sampai hari ini terjadi di berbagai daerah di Indonesia. 

 

"Dengan adanya dana siaga bencana itu kita bisa menerjunkan relawan di hampir semua titik lokasi bencana. Membantu saudara-saudara kita yang berada di luar Jawa agar NU terus hadir untuk melayani masyarakat, dan juga memberikan pertolongan kepada para korban yang mengalami musibah," terangnya.

 

Pihak NU Care-LAZISNU Jawa Timur sendiri mengatakan belum menghitung jumlah dana yang telah terkumpul.

 

"Sebenarnya kita belum melakukan tabulasi, dari seluruh Jawa Timur. Tapi jika yang di LAZISNU Jawa Timur sudah  terkumpul 150 juta. Tapi kalau digabung dengan beberapa cabang, kita masih proses tabulasi belum ketemu angkanya berapa," ujarnya.

 

Penyaluran dana bencana tersebut tidak langsung berupa uang tunai atau paket sembako.

 

"Kita akan menyesuaikan kebutuhan bagaimana, setiap bencana kita akan terlebih dahulu assesment, atau melakukan penelitian pendahuluan lah, ada tim yang terjun, atau ada informasi dari lokasi kejadian bencana, baru kita bisa tahu kebutuhannya apa," paparnya.

 

Ia tidak berjalan sendiri, namun menggandeng Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Banser, atau elemen Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

 

"Contoh misalkan terjadi longsor di Nganjuk dan banjir. Tim dari LAZISNU bekerja sama dengan Badan Otonom (Banom) NU melakukan assesment disana, kebutuhannya apa, baru kita sesuaikan dana itu akan dialokasikan sesuai apa yang terjadi di lapangan," terangnya.

 

Pengumpulan Dana Donatur

Donatur di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ada daerah yang mengalami stagnan ada yang mengalami kenaikan.

 

"Setahu saya memang secara ekonomi turun, tapi sebenarnya justru itu tidak berpengaruh pengumpulan dana di LAZISNU Jawa Timur. Karena memang adanya situasi yang sulit ini kemudian semakin mendorong orang untuk mau mengeluarkan dana sosial sosial baik berupa zakat atau shodaqoh," jelasnya.

 

Ia mendorong untuk terus meningkatkan kepedulian kepada sesama melalui progam infaq dan shodaqoh.

 

"Semoga pengelolaan dari infaq dari shodaqah meningkat. Kami mengajak bagi masyarakat terutama kaum muslimin dan nahdliyin untuk terus meningkatkan kepedulian kita melalui progam sosial, dana infaq," bebernya.

 

A Afif Amrullah menambahkan ucapan terima kasih banyak kepada masyarakat yang telah mempercayakan kepada NU Care LAZISNU. Semakin tahun semakin mendapat kepercayaan dari  masyarakat.

 

"Shodaqohnya NU Care LAZISNU ini kan dikelola secara profesional akan memberikan manfaat sebesar-besarnya pada umat," pungkasnya.

 

Penulis: Madchan Jazuli

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru