• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Malang Raya

NU dan Muhammadiyah di Malang Gelar Halal Bihalal Bersama

NU dan Muhammadiyah di Malang Gelar Halal Bihalal Bersama
Halal Bihalal NU dan Muhammadiyah Ranting Arjosari Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jumat (20/05/2022) malam. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Halal Bihalal NU dan Muhammadiyah Ranting Arjosari Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jumat (20/05/2022) malam. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang menggelar Halal Bihalal, Jumat (20/05/2022) malam. Kegiatan ini guna mempererat persatuan dan silaturahim jamaah dua organisasi tersebut.


Agenda bertajuk 'Bersatu dalam aqidah, Berjamaah dan ber istiqomah dalam beribadah, dan bertoleransi dalam khilafiyah' ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.


Ketua Panitia Halal Bihalal, Ibnu Taufiq mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat sinergi dan kolaborasi antara NU dan Muhammadiyah. 


"Selama ini mungkin orang menganggap seakan-akan bermusuhan. Padahal mereka adalah teman dan sahabat. Bahkan diibaratkan, bisa dilihat dari huruf. Nahdlatul Ulama ada singkatan NU dan Muhammadiyah ada singkatan MU. Kedua huruf N dan M itu dekat sekali, bahkan dari kejauhan tidak kelihatan," kata Ibnu Taufiq.


Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan dengan harapan menjadi inspirasi bagi daerah-daerah yang lain. 


"Kita sudah berkomitmen, suatu perbedaan itu sudah biasa, dan kita tidak mempermasalahkan. Karena sejatinya perbedaan itu adalah rahmat," imbuhnya.


Ketua Ranting NU Arjosari tersebut juga mengajak seluruh elemen untuk bersatu kembali bangkit bersinergi di Hari Kebangkitan Nasional.


"Kegiatan ini bukanlah seremonial semata, namun kebersamaan ini akan kami lanjutkan dengan berbagai program bersama," tandasnya.


Sementara itu, Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah Cabang Blimbing, Ali Said menyampaikan kebanggaannya atas terselenggaranya kegiatan ini.


"Alhamdulillah ini suatu awalan yang cukup baik, karena melihat kondisi di grass root, terkadang sering dibenturkan macam-macam. Alhamdulillah teman-teman terbukti guyub. Ini awal kita membangun visi misi bersama, kita bekerja sama, membangun mimpi untuk kemajuan bersama tentunya untuk umat," tutur Ali Said.


Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah, Ketua PD Muhammadiyah Kota Malang, Ketua FKUB Kota Malang, H Ahmad Taufiq Kusuma, serta beberapa tokoh lainnya. Serta kegiatan ini dihadiri Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar secara virtual.


Editor:

Malang Raya Terbaru