• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Malang Raya

Sambut Hari Santri, PCNU Kota Malang Berziarah ke Makam Ulama sambil Bersepeda

Sambut Hari Santri, PCNU Kota Malang Berziarah ke Makam Ulama sambil Bersepeda
Gowes Ziarah Ulama cara PCNU Kota Malang dan Pemkot Malang Peringati Hari Santri Nasional 2022. (Foto: Istimewa)
Gowes Ziarah Ulama cara PCNU Kota Malang dan Pemkot Malang Peringati Hari Santri Nasional 2022. (Foto: Istimewa)

Malang, NU Online Jatim 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang menggelar gowes ziarah ulama dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022, Ahad (15/10/2022). Kegiatan ini juga merupakan salah satu dari 25 rangkaian kegiatan dalam menyambut 1 abad Nahdlatul Ulama, yang dimulai sejak akhir September lalu.


"Kita ada 25 agenda untuk menyambut 100 tahun NU, sedang hari ini khusus untuk peringatan hari santri dan pahlawan. Kita akan mengunjungi 4 titik hari ini dalam giat Gowes Ziarah Ulama," kata Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah.


Diketahui rute Gowes Ziarah Ulama ini mengunjungi Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Gading (Maqbarah KH Muhammad Yahya), Makam Qubah Kasin (Maqbarah Sayyid Al Habib Abdullah Bilfaqih dan Habib Alwi bin Salim Alaydrus), Pondok Pesantren Nurul Ulum Kacuk (Maqbarah KH Ahmad Suyuthi Dahlan), dan finish di Pondok Pesantren Nurul Huda Mergosono (Maqbarah KH Achmad Masduqi Mahfudh). 


Ketua PCNU Kota Malang menjelaskan, kegiatan yang terselenggara tersebut bertujuan untuk napak tilas keteladanan dan mendoakan para ulama Malang yang telah tiada, sekaligus olahraga sehat. 


"Beliau-beliau ini memiliki peran penting dalam masyarakat. Kita harus sepakat untuk meneladani mereka. Saya kira, komitmen kita adalah untuk belajar dari apa yang telah terjadi dan belajar mempersiapkan masa depan. Melalui kegiatan ini kita harus terus mempelajari sejarah," jelasnya.


Gus Is juga menyampaikan bahwa generasi muda saat ini tidak boleh meninggalkan sejarah. Karena dari para ulama terdahulu, sebagai pahlawan, kehidupan yang lebih baik saat ini dapat dirasakan. 


"Kalau kita lihat di negara lain, kehidupan mereka belum senyaman dengan kita. Kita semua harus bersyukur, mari bersama-sama memberi manfaat dalam bentuk apapun kepada sesama," terangnya.


Sementara itu, Wali Kota Malang, H Sutiaji yang turut hadir dalam kegiatan gowes santri ziarah menyampaikan, kegiatan ini sebagai starting point untuk meneladani kembali ulama Kota Malang yang telah memberikan banyak kontribusi.


"Kita berkolaborasi dengan PCNU Kota Malang untuk memperingati Hari Santri Nasional. Hari ini kita gowes sehat ya, olahraga dan diniatkan ibadah, berziarah sekaligus tapak tilas para ulama di Kota Malang," tutur alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang tersebut.


Sebelum melakukan Gowes Ziarah Ulama, seluruh peserta difasilitasi untuk cek kesehatan oleh Crisis Center PBNU di Kantor PCNU Kota Malang.


Editor:

Malang Raya Terbaru