• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Matraman

Hari Santri di Nganjuk Dilaunching, Ini Rangkaian Kegiatannya

Hari Santri di Nganjuk Dilaunching, Ini Rangkaian Kegiatannya
Launching Rangkaian Hari Santri Nasional di Kabupaten Nganjuk, Senin (03/10/2022). (Foto: NOJ/ Hafidz Nur Shiddiq)
Launching Rangkaian Hari Santri Nasional di Kabupaten Nganjuk, Senin (03/10/2022). (Foto: NOJ/ Hafidz Nur Shiddiq)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk  bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk bakal menggelar serangkaian peringatan Hari Santri. Hal itu ditandai dengan launching peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Nganjuk pada Senin (03/10/2022).


Pemukulan gong oleh Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi menjadi tanda secara resmi dimulainya rangkaian kegiatan hari santri yang ada di Kota Angin.


"Pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 Kabupaten Nganjuk ini adalah salah satu bentuk implementasi dari komitmen pemerintah yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional," tutur H Marhaen Djumadi kepada NU Online Jatim.


Hal itu juga sebagai wujud dari pengakuan atas peran ulama dan para santri dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karenanya, momentum hari santri diharapkan dapat semakin mempererat sinergitas pemerintah dan ulama dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Tentunya perjuangan ulama dan santri tersebut merupakan catatan sejarah yang tidak boleh dilupakan melalui Peringatan Hari Santri Nasional. Semoga antara pemerintah dan kaum santri dapat selalu bersinergi menjaga NKRI," jelasnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Hari Santri Kabupaten Nganjuk, Subhan Aburizal menyampaikan, serangkaian kegiatan telah disiapkan panitia dalam memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober mendatang. Adapun kegiatannya terdapat dua jenis yakni perlombaan dan event.


“Untuk perlombaan kami sudah menyiapkan beberapa lomba, di antaranya lomba tahlil, lomba pidato, lomba rebana, lomba bava kitab kuning, lomba desain poster, lomba film pendek, lomba fotografi dan lainnya total terdapat 11 perlombaan,” tutur Wakil Ketua PCNU Nganjuk tersebut.


Sementara agenda kegiatan yang bakal digelar meliputi, upacara peringatan hari santri, pementasan drama kolosal sejarah hari santri, pementasan barongsai dan pengajian umum. Pementasan drama dan barongsai akan dilaksanakan oleh Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Nganjuk.


“Semoga agenda ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru