• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Matraman

Agenda LAZISNU Nganjuk Peringati Maulid Nabi, dari Pengobatan hingga Khitan Gratis

Agenda LAZISNU Nganjuk Peringati Maulid Nabi, dari Pengobatan hingga Khitan Gratis
Agenda LAZISNU Nganjuk Peringati Maulid Nabi, dari Pengobatan hingga Khitan Gratis. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Agenda LAZISNU Nganjuk Peringati Maulid Nabi, dari Pengobatan hingga Khitan Gratis. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Serangkaian kegiatan dilakukan Pengurus Cabang (PC) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Nganjuk dalam menyemarakkan peringatan maulid Nabi Muhamamd SAW. Kegiatan yang bersinergi dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) setempat itu ada pengobatan hingga khitan gratis.


Ketua NU Care-LAZISNU Nganjuk, Moch Masyhuri mengatakan, momentum Maulid Nabi akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan sosial keagamaan. Rinciannya yaitu khitan massal serentak bagi kalangan yatim dan dhuafa, dan pemeriksaan serta pengobatan gratis yang dilaksanakan serentak se-Kabupaten Nganjuk.


“Selain diperingati dengan doa bersama, setiap kecamatan juga melaksanakan khitanan massal dan pengobatan gratis. Harapannya agar saudara-saudara kita merasakan bahwa syariat Islam itu tidak sulit dan menyenangkan,” ungkapnya usai membuka khitanan massal di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Patianrowo, Senin (10/10/2022).


Ia menuturkan, kegiatan sosial ini dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi masyarakat yang masih belum pulih 100 persen akibat pandemi Covid-19, sehingga khitan anak harus tertunda. Oleh karenanya, diharapkan khitan massal gratis dapat meringankan beban masyarakat, sekaligus mengenalkan LAZISNU kepada masyarakat.


“Kami berkomitmen untuk selalu dekat dan hadir dalam membantu program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” sambungnya.


Dijelaskan, bagi masyarakat yang ingin menyertakan anak-anaknya khitan gratis bisa menghubungi pengurus LAZISNU di masing-masing kecamatan. Anak-anak yang terdaftar akan mendapatkan pelayanan sesuai standar prosedur medis dari tenaga profesional LKNU Nganjuk.


“Bagi masyarakat yang ingin mengikutkan anaknya sunat massal segera daftar. Satu orang, dua orang atau berapapun tetap kita terima untuk khitan gratis. Syaratnya harus betul-betul dari warga yang kurang mampu,” tutur alumnus Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ula (STAIM) Kertosono tersebut.


Sementara perwakilan pengurus LKNU Nganjuk, Moh Istbatul Khoirod menegaskan, pihaknya bersama tim siap membantu siapapun yang membutuhkan khitan dengan metode laser maupun lainnya yang praktis dan tidak ribet.


“Sangat senang sekali bisa bersinergi dengan LAZISNU guna melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial masyarakat, seperti pengobatan dan khitan massal gratis yang diikuti oleh puluhan peserta, seperti yang sekarang kami laksanakan di MWCNU Patianrowo ini,” pungkasnya.


Matraman Terbaru