• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Ansor Nganjuk Bakal Adakan Akreditasi Serentak, Ini Tujuannya

Ansor Nganjuk Bakal Adakan Akreditasi Serentak, Ini Tujuannya
PC GP Ansor Nganjuk saat gelar Sosialisasi dan Bimtek Akreditasi Serentak. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
PC GP Ansor Nganjuk saat gelar Sosialisasi dan Bimtek Akreditasi Serentak. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan pemuda (GP) Ansor Nganjuk bakal melakukan akreditasi serentak bagi Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor se-Kabupaten Nganjuk. Hal itu disampaikan Ketua GP Ansor Nganjuk, Moh Rifai usai acara sosialisasi dan bimbingan teknis akreditasi di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Ahad (14/08/2022).


“Melalui akreditasi ini nantinya kami dapat mengukur mana Pimpinan Ranting yang aktif dalam melaksanakan kegiatan dan rapi dalam administrasi di daerahnya masing-masing,” ungkap Rifai kepada NU Online Jatim.


Disampaikan Rifai, dalam sosialisasi dan bimbingan teknis itu membahas tentang klasterisasi dan administrasi tingkat Pimpinan Ranting. Di antaranya, penyusunan borang administrasi kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai syarat untuk mengikuti akreditasi.


“Akreditasi ini akan dilaksanakan bulan ini (Agustus) dan berakhir pada tanggal 15 September 2022 nanti,” terang Rifai.


Alumnus Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri ini berharap, melalui kegiatan ini GP Ansor bisa taat administrasi, taat asas, dan tertib organisasi sesuai dengan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) serta Peraturan Organisasi (PO) yang berlaku.


Menurutnya, Pimpinan Ranting yang merupakan ujung tombak GP Ansor diharapkan bisa aktif dan tidak vakum. Mengingat, Pimpinan Ranting Ansor adalah warisan para ulama dan muassis Nahdlatul Ulama.


“Jika Pimpinan Ranting vakum, maka terputus pula pahala yang mengalir kepada para muassis, jika ini terjadi ini adalah dosa kita bersama,” tegasnya.


Di tengah-tengah kegiatan, terdapat penyerahan jaket Banser dari PC GP Ansor Nganjuk kepada Kepala dan Pimpinan Kemenag Nganjuk. Hal itu dilakukan sebagai wujud sinergi antara GP Ansor Nganjuk dengan Kementerian Agama setempat.


“Terima kasih kepada GP Ansor Nganjuk yang telah menjadikan Kementerian Agama sebagai mitra strategis dalam mewujudkan Islam yang moderat dan rahmatan lil alamin. Semoga sinergi ini dapat senantiasa terjalin baik,” ujar Moh Afif Fauzi, Kepala Kantor Kemenag Nganjuk.


Sebagai informasi, sosialisasi dan bimtek tersebut diikuti oleh Ketua dan Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kabupaten Nganjuk.


Matraman Terbaru