• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Begini Cara Elemen NU Arjosari Pacitan Berdayakan Ekonomi Umat

Begini Cara Elemen NU Arjosari Pacitan Berdayakan Ekonomi Umat
Stand bazar milik elemen NU Arjosari, Pacitan guna berdayakan ekonomi umat. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Stand bazar milik elemen NU Arjosari, Pacitan guna berdayakan ekonomi umat. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim
Elemen NU Kecamatan Arjosari, Pacitan turut serta meramaikan stand bazar usaha untuk meningkatkan perekonomian umat dan pemberdayaan desa. Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kecamatan Arjosari tersebut dipusatkan di Stadion Citra Mandiri Arjosari, Pacitan, Rabu-Jum’at (17-19/08/2022).


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Arjosari, Hanik Nur Kholida mengatakan, selain untuk memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia, kegiatan tersebut sebagai ajang silaturahim. Menurutnya, kegiatan ini juga sangat berperan untuk kebangkitan ekonomi masyarakat.


“Selain ikut serta memeriahkan HUT ke-77 RI, hal ini juga untuk membangun kekompakan antar banom NU,” katanya kepada NU Online Jatim, Kamis (18/08/2022).


Pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah Kikil Pacitan itu menyampaikan, stand bazar tersebut bisa untuk alternatif berjualan usaha tertentu. Pasalnya, di bazar tersebut terdapat berbagai macam dagangan dari banom NU.


“Setiap banom NU dapat menyajikan bazar atau berjualan dengan barang dagangan dari titipan anggota masing-masing. Di antaranya Muslimat NU, Ansor, Fatayat NU, serta IPNU dan IPPNU,” imbuhnya.


Sementara itu, Camat Arjosari Didik Darmawan menambahkan, momen kemerdekaan ini merupakan waktu yang tepat untuk saling bahu membahu untuk membangkitkan sektor ekonomi, pariwisata, dan lainnya. Oleh karenanya, stand bazar tersebut penting dimanfaatkan dengan baik.


“Acara ini tidak hanya berhenti sampai di sini. Setelah momen ini akan dikembalikan ke desa masing-masing, supaya desa di wilayah kecamatan Arjosari ini bergerak kembali perekonomiannya,” ungkap Didik.


Didik menambahkan, belum ada suatu hal yang spesial di acara stand bazar kali ini. Namun, hal ini merupakan langkah awal yang bagus untuk memulai kembali pemberdayaan desa.


“Tujuannya acara ini diselenggarakan agar perekonomian di desa-desa itu nanti hidup kembali, maka dari itu kami kumpulkan di stadion ini,” jelasnya.


Diketahui, kegiatan tersebut mendapat respons positif dari masyarakat. Sedikitnya ada 23 kapling stand terpenuhi, yaitu 17 stand dari perwakilan desa se-Kecamatan Arjosari, 2 stand dari lembaga pemerintah Kecamatan Arjosari. Selain itu, ada 2 stand sponsor, dan 2 stand dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan.


Matraman Terbaru