• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Matraman

Buktikan Kepedulian, Mahasiswa Iaibafa Jombang Galang Dana Gempa Cianjur

Buktikan Kepedulian, Mahasiswa Iaibafa Jombang Galang Dana Gempa Cianjur
Sejumlah mahasiswa Iaibafa Jombang melakukan penggalangan dana untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat. (Foto: NOJ/Nailiy Ulya Ulin Ni’mah)
Sejumlah mahasiswa Iaibafa Jombang melakukan penggalangan dana untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat. (Foto: NOJ/Nailiy Ulya Ulin Ni’mah)

Jombang, NU Online Jatim

Mahasiswa Institut Agama Islam Bani Fattah (Iaibafa) Tambakberas Jombang melakukan penggalangan dana. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian guna membantu korban yang tertimpa musibah gempa di Cianjur, Jawa Barat


Kegiatan tersebut diinisiasi oleh puluhan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa (ormawa) Iaibafa yang terdiri dari enam program studi. Yaitu Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Hukum Keluarga Islam (HKI), Ekonomi Syariah (ES), Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) yang dilakukan Ahad (27/11/2022) lalu.


“Penggalangan dana ini dilakukan tiga hari, dan hasil penggalangan akan disalurkan kepada para korban bencana alam gempa di Cianjur Jawa Barat,” kata Moh Yusuf, Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi ES, Jumat (09/12/2022).


Dijelaskannya bahwa dana yang gerhimpun disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan akan diwujudkan berupa sembako, obat-obatan dan beberapa barang yang dibutuhkan di lapangan.


Ia menambahkan bahwa kegiatan galang dana tersebut tersebar di beberapa titik di kota Jombang antara lain alun-alun, makam pahlawan, perempatan Tunggorono, taman Kebon Rojo, Jalan Raya RSUD, Jombang kuliner dan area Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. 


Wildan Muhammad selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi HKI mengatakan bahwa gerakan ini diharapkan membantu bagi korban bencana alam gempa di Cianjur.  


“Kepedulian ini adalah bentuk kesadaran kami sebagai mahasiswa IAIBAFA yang mampu mengabdi untuk masyarakat,” katanya. 


Dirinya menyampaikan bahwa turut berduka cita atas musibah yang terjadi, dan akan terus berusaha memberikan dukungan baik moril, materil atau penggalangan dana bagi masyarakat Cianjur.


Ia berharap, dengan adanya penggalang dana ini, mahasiswa lain bisa ikut berdonasi dan menyebarkan informasi gerakan galang dana ke keluarga dan teman-teman lain. Hal tersebut agar bisa lebih meringankan lagi dan juga bisa menumbuhkan rasa empati dan jiwa sosial khususnya bagi mahasiswa Iaibafa.


“Terima kasih dihaturkan kepada semua mahasiswa yang sudah berpartisipasi dalam galang dana ini dan kepada para dermawan yang telah ikut menyumbang, semoga penggalangan dana dapat tersalurkan secara tepat dan cepat sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat Cianjur,” tutupnya.

 

Penulis: Nailiy Ulya Ulin Ni’mah


Editor:

Matraman Terbaru