• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Matraman

Cara Pesantren di Pacitan Dorong Semangat Santri Kuliah di Luar Negeri

Cara Pesantren di Pacitan Dorong Semangat Santri Kuliah di Luar Negeri
Imam Bahrudin, Alumni Universitas Monash (Monash University), Australia saat kegiatan English Training di aula pesantren setempat, Senin malam (16/01/2023). (Foto: NOJ/Kaukabusyarqi)
Imam Bahrudin, Alumni Universitas Monash (Monash University), Australia saat kegiatan English Training di aula pesantren setempat, Senin malam (16/01/2023). (Foto: NOJ/Kaukabusyarqi)

Pacitan, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Modern Al-Anwar, Desa Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan english training yang bertajuk ‘Lets Improve Our Language Cause English Language is Fun and Easy’. Kegiatan tersebut dipusatkan di aula pesantren setempat, Senin (16/01/2023) malam.


Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah Imam Bahrudin, alumni Universitas Monash (Monash University), Australia yang telah menyelesaikan program master of tesol.


Dalam kesempatan itu Imam mengatakan, kecakapan dan kemampuan dalam bahasa Inggris akan mempermudah untuk mendapatkan pendidikan atau bahkan karier Internasional.


“Kemampuan bahasa Inggris menjadi investasi yang berharga untuk mempersiapkan masa depanmu di dunia kerja maupun kuliah,” katanya.


Dirinya menyampaikan, saat ini dunia digital menyuguhkan berbagai informasi yang dibutuhkan pelajar untuk masa depan, tetapi ada satu syarat untuk bisa mempelajarinya yakni kemampuan dalam berbahasa Inggris. Dengan bahasa Inggris segala informasi akan lebih mudah dipahami.


"Skill penguasaan bahasa asing merupakan modal awal kalau kita memang ingin sekolah di luar negeri," imbuhnya.


Sementara, salah seorang pengurus pesantren Modern Al-Anwar, Ali Mustofa mengatakan, english training merupakan kegiatan pesantren untuk memberikan santri berupa pelatihan dalam penguasaan bahasa asing khususnya dalam bahasa Inggris.


"Alhamdulilah, hari ini narasumber berkenan hadir dan mengisi materi english training di Al-Anwar Pacitan, dan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami bisa mengambil ilmu dari seorang master alumni Monash University,"  terangnya.


Menurutnya, selain memberikan motivasi bagi santri untuk lebih optimis dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan penekanan penguasaan bahasa asing, diharapkan nantinya santri juga bisa go internasional.


“Semoga ilmu yang disampaikan nanti bisa memotivasi para santri untuk terus giat belajar dan optimis bisa menggapai keinginan belajar di luar negeri”, pungkasnya.


Penulis: Kaukabusyarqi


Matraman Terbaru