• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

Covid-19 Melandai, Rijalul Ansor di Madiun Mulai Dzikir Rutinan

Covid-19 Melandai, Rijalul Ansor di Madiun Mulai Dzikir Rutinan
Rijalul Ansor Geger, Kabupaten Madiun, melaksanakan kegiatan rutin. (Foto: NOJ/Mirna Nur Asiyah)
Rijalul Ansor Geger, Kabupaten Madiun, melaksanakan kegiatan rutin. (Foto: NOJ/Mirna Nur Asiyah)

Madiun, NU Online Jatim

Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, mulai melaksanakan kegiatan rutin pembacaan Maulid Simtudduror dan Rotibul Hadad pada Ahad (20/09/2021) malam setelah sempat libur karena PPKM. Rutinan digelar lagi karena Covid-19 mulai melandai, namun tetap dengan protokol kesehatan.

 

Kegiatan kali ini bertempat di Gedung Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Desa Banaran dan selanjutnya dijadwal secara bergantian setiap desa atau Ranting GP Ansor se-Kecamatan Geger.

 

Nahjil Fahim, Ketua GP Ansor Kecamatan Geger, mengungkapkan bahwa kegiatan bershalawat seperti ini sudah rutin diadakan 35 hari sekali yang disebut dengan selapanan. adapun kegiatan ini dimulai dengan pembacaan Ratibul Haddad dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Simtudduror serta Mauidzah Hasanah.

 

“Program ini sudah berjalan lama sebelumnya dan rutin diadakan setiap selapan sekali, tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan lantunan zikir dan shalawat kepada Nabi Muhammad saw," ujarnya.

 

Fahim berharap agar kegiatan ini bisa dilakukan terus-menerus. Selain itu, dia juga mengajak seluruh pengurus Ansor di Kecamatan Geger agar terus berbenah dalam hal administrasi.

 

“Semoga kegiatan seperti ini bisa berjalan dengan istiqamah dan harapan ke depannya GP Ansor terus berbenah administrasi keorganisasiannya yang dimulai dari tingkat ranting-ranting yang ada di Kecamatan Geger," tutur Fahim.

 

Selain GP Ansor Kecamatan Geger, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan kader Ansor se-Kecamatan Geger, juga perwakilan seluruh badan otonom NU Ranting Desa Banaran.

 

Secara terpisah, KH Masruri selaku Rais Syuriyah Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Banaran berharap agar GP Ansor terus bersemangat dalam berkhidmad di Nahdlatul Ulama. Sebab, kata dia, ibarat keluarga Ansor adalah anak laki-laki NU yang harus berbakti kepada jam’iyah NU.

 

Penulis: Maslakatus Solikah


Matraman Terbaru