• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Fatayat NU Madiun Latih Kader Cakap jadi Daiyah

Fatayat NU Madiun Latih Kader Cakap jadi Daiyah
Pelatihan daiyah oleh PC Fatayat NU Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/Mirna Nur Asyiah).
Pelatihan daiyah oleh PC Fatayat NU Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/Mirna Nur Asyiah).

Madiun, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Madiun menggelar Pelatihan Daiyah. Kegiatan dipusatkan di gedung NU Center, Kelurahan Munggut, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Ahad (19/09/2021).

 

Pelatihan daiyah diikuti oleh 25 orang perwakilan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU se-Kabupaten Madiun. Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut ialah ‘Cetak 1001 Daiyah Fatayat NU Progresif, Ramah dan Profesional.

 

Ketua I PC Fatayat NU Kabupaten Madiun, Indah Bilqis Rosyidah menjelaskan bahwa pelatihan daiyah ini merupakan awal dari rangkaian peringatan Hari Santri 2021 yang diinisiasi oleh PC Fatayat NU setempat.

 

Ia menambahkan, dari pelatihan ini diharapkan kualitas kader Fatayat NU di bidang daiyah semakin meningkat. Selain itu, juga semakin cakap menyampaikan materi atau pendapat dalam forum tertentu, khususnya rutinan Fatayat NU.

 

"Jadi, pelatihan ini tidak hanya untuk kepentingan lomba yang akan digelar bulan Oktober nanti, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang lebih dibutuhkan,” jelas Indah.

 

Pelatihan ini mendatangkan pemateri Hj Siti Komariatiningsih, anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Madiun. Dalam kesempatan ini, ia menyinggung pentingnya dakwah bit tadwin.

 

"Kader Fatayat NU harus bisa melakukan dakwah bit tadwin, yakni dengan memanfaatkan perangkat digital, seperti melalui media online. Baik berupa video maupun tulisan," ungkapnya.

 

Sebagai informasi, setelah penyampaian materi peserta diberi kesempatan untuk praktik berceramah di depan umum layaknya daiyah handal. Sejumlah peserta terlihat antusias dengan tema-tema yang diberikan, namun ada pula yang enggan unjuk kemampuan.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru