• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Matraman

Empat Kunci Nikah Generasi Milenial Ala Prof Mufidah

Empat Kunci Nikah Generasi Milenial Ala Prof Mufidah
Pernikahan. (Foto: NOJ/MJ)
Pernikahan. (Foto: NOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim
Menikah merupakan sunnah Rasulullah bagi insan yang sudah mampu dari segi mental dan cukup finansial.  Prof Hj Mufidah, Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Hukum Islam UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang memberikan empat kunci dalam membina rumah tangga bagi generasi millenial.

 

Prof Mufidah mengungkapkan, pertama, keluarga-keluarga sekarang harus memiliki wawasan gender. Karena wawasan gender ini akan membuat kehidupan ini dinamis. 

 

"Apalagi ada setelah Covid-19 ketahanan keluarga banyak yang goyah. Maka keluarga-keluarga milenial harus kritis dan harus bisa menganalisis rasional," ungkap Prof Hj Mufidah saat dikonfirmasi, Rabu (29/06/2022).

 

Kunci menikah generasi milenial yang kedua adalah kreatif dan inovatif. Inovasi diperlukan untuk membangun relasi gender di dalam rumah keluarga komunikasi yang efektif. 

 

"Sembari mencari kekurangan keluarga dimana, hal tersebut sebagai proses dalam kehidupan keluarga dan memanajemen lebih baik," terangnya.

 

Perempuan kelahiran Bojonegoro September 1960 ini membagikan kunci pernikahan milenial yang ketiga yaitu komunikatif. Komunikasi dengan anak-anak, suami, istri terus menerus secara intens. Karena banyak kasus KDRT atau perceraian disebabkan hanya tidak ada komunikasi atau komunikasinya tidak efektif, dan komunikasinya serba ditafsirkan dengan penafsiran berbeda antara satu dengan yang lain.

 

"Kalau zaman dahulu komunikasinya tidak saling ngomong satu sama lain sudah pada mengerti. Kelekatan mereka untuk hidup dalam satu ruang, tempat intensitasnya cukup. Suami istri ke pasar, suami istri ke sawah, dari malam sampai habis sholat subuh dan berangkat sarapan bersama lagi," paparnya.

 

Dari situ, menurut Prof Mufidah zaman dahulu komunikasi tidak perlu diatur karena sudah alamiah.

 

" Akan tetapi keluarga milenial sekarang, masyarakat modern harus memanajemen komunikasi. Dengan menggunakan gadget dan kata-kata yang menyejukkan dan komunikatif. Jika via telepon dengan diksi dan pilihan kata yang mengakrabkan suami istri," jelasnya.

 

Kunci keempat dalam rumah tangga generasi milenial menurut Prof Mufidah adalah kolaborasi.

 

"Sejalan dengan ayat suci Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 187 bahwa suami-istri diibaratkan seperti pakaian. Itu menjadi acuan kerja sama, hal ini apa saja saling melengkapi, saling memberdayakan," tutup Prof Mufidah.


Matraman Terbaru