• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Matraman

Festival Santri Ponorogo Resmi Dibuka, Ini Agendanya

Festival Santri Ponorogo Resmi Dibuka, Ini Agendanya
Festival Santri yang digelar Pemkab dan PC GP Ansor Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)
Festival Santri yang digelar Pemkab dan PC GP Ansor Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)

Ponorogo, NU Online Jatim
Festival Santri dalam rangka Grebeg Suro dan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-526 serta serangkaian Hari Santri 2022 resmi dibuka. Pembukaan agenda digelar bersama Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo ini dipusatkan di Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Senin (01/08/2022).


Kegiatan ini mengusung tema ‘Bergandeng Erat, Bergerak Cepat, Ponorogo Hebat’. Agenda yang akan berlangsung selama lima hari pada Senin-Jum’at (01-05/08/2022) ini dibuka langsung oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.


Dalam sambutannya, Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan, meski kegiatan tersebut berlangsung sederhana diharapkan dapat memberikan spirit gotong royong, khususnya dalam aspek budaya dan santri.


"Karena sebenarnya kekuatan Ponorogo itu ada di dua hal, yaitu budaya dan santri," kata Bupati Sugiri.


Ia mengungkapkan, dengan event tersebut pihaknya ingin mengimplementasikan soal konsep hijrah yang diajarkan Rasulullah SAW. Bahwa hijrah tidak hanya berbentuk laku fisik semata, akan tetapi juga merambah pada pola pikir dan etos kerja.


Dirinya menambahkan, dua kekuatan Kabupaten Ponorogo sebagaimana yang disebut di awal, yaitu budaya dan santri, hendaknya dapat dipadukan bersama pada aspek pola piker dan etos kerja bagi masyarakat Ponorogo.


"Artinya, kolaborasi yang apik sebagai Kota Budaya dan Santri ingin kita jadikan alat untuk membangun Ponorogo ke depan,” tegasnya.


Sementara itu, Muhammad Ilham selaku Penanggung Jawab Festival Santri menuturkan, bahwa agenda pada kegiatan ini beragam. Disebutkan, pada malam pertama kegiatan diisi dengan dialog interaktif bersama Ketua DPD Perempuan Tani HKTI Jawa Timur Lia Istifhama dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.


“Pada malam pertama ini juga digelar hiburan musik akustik,” terang Muhammad Ilham.


Untuk hari kedua, lanjut Muhammad Ilham, akan berlangsung shalawat bersama Cak Fandi dan Festival 526 Banjari serta Tari Sufi. Hari ketiga, ada pentas ketoprak santri dengan lakon Bathoro Katong Winisudo, sedang hari keempat digelar lomba Ishari untuk anak-anak.

 

"Dan hari kelima akan dilaksanakan Penutupan Festival Santri yang dimeriahkan gebyar musik religi oleh Eni Sagita bersama Cak Sodiq New Monata," pungkasnya.


Matraman Terbaru