• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Matraman

Layak Dicontoh, Ansor Ponorogo Kawal Kiprah Kader di Desa

Layak Dicontoh, Ansor Ponorogo Kawal Kiprah Kader di Desa
Ansor Ponorogo menggelar pelatihan untuk memberdayakan kiprah kader di desa. (Foto: NOJ/Arisel WA)
Ansor Ponorogo menggelar pelatihan untuk memberdayakan kiprah kader di desa. (Foto: NOJ/Arisel WA)

Ponorogo, NU Online Jatim
Ada yang menarik dari gebrakan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo. Yang terbaru adalah meluncurkan Ansor Berdesa yang dipusatkan di hallroom hotel Gajah Mada Ponorogo,  Sabtu (23/07/2022) lalu. Kegiatan ini dalam rangka mengajak Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor se-Ponorogo agar memiliki pemahaman lebih mendalam tentang desa.


"Dari mulai sejarah dan keberpihakan pemerintah desa yang di dalamnya terdapat Pimpinan Ranting Ansor di kawasan tersebut, sehingga bisa tampil," kata Muhammad Ilham, Ketua PC GP Ansor Ponorogo kepada media ini.


Kegiatan diikuti perwakilan pengurus dari 21 PAC GP Ansor se-Ponorogo dan mengambil tema 'Membangun Desa, Menjaga Nusantara'.


“Maksud dari acara dan tema ini adalah kita melakukan pemberdayaan sumber daya manusia, dengan demikian kader Ansor yang ada di desa dapat diberdayakan,” ungkapnya.


Dikemukakan lebih lanjut bahwa usai pemberian wawasan, maka para kader akan dilatih keterampilan dan dilanjut dengan menyepakati rencana tindak lanjut atau RTL. 


"RTL dari acara ini adalah membuat pelatihan yang anggotanya adalah pengurus yang ada di ranting," jelasnya. 


Terkait kegiatan ini, pihak Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo memberikan apresiasi. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Wakil Ketua PCNU Ponorogo, Kiai Kholid Ali Husni.


"Terobosan yang sangat luar biasa, karena memang permasalahan yang pelik di masyarakat ada di desa," katanya.


Lebih lanjut, Kiai Kholid berharap gerakan ini dapat berjalan dengan baik dan amanah. Sehingga ke depannya mampu berkerja sama dengan sejumlah pihak yang ada di desa.


Hadi Prayitno selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ponorogo menjelaskan desa merupakan kawasan sangat strategis. Karena setelah lahirnya UU No. 6 tahun 2014 tentang desa, menyebabkan desa memiliki otonomi yang luar biasa. 


"Sekarang desa sudah menjadi agen pembangunan. Hal ini menjadi wujud desentralisasi dari pemerintahan pusat ke daerah," pungkasnya.


Acara dihadiri Katib PCNU Ponorogo, Kiai Romdon Fauzi, Wakil Ketua PCNU Ponorogo Kiai Kholid Ali Husni, Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ponorogo Hadi Prayitno, serta perwakilan PAC GP Ansor se-Ponorogo.


Editor:

Matraman Terbaru