• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Pemerintahan

Grebeg Suro, Pemkab Ponorogo Gelar Istigotsah dan Dzikrul Ghofilin

Grebeg Suro, Pemkab Ponorogo Gelar Istigotsah dan Dzikrul Ghofilin
Pada momentum Grebeg Suro, Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar istighotsah kubro dan dzikrul ghofilin. (Foto: NOJ/Arisel WA)
Pada momentum Grebeg Suro, Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar istighotsah kubro dan dzikrul ghofilin. (Foto: NOJ/Arisel WA)

Ponorogo, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar istighotsah kubro. Hal tersebut untuk mengawali perayaan satu Muharram atau yang biasa disebut oleh masyarakat Ponorogo dengan istilah Suro. Acara juga untuk memperingati hari jadi ke-526 Ponorogo dan dipusatkan di Pendopo Agung,  Kamis (14/07/2022).


Istighosah kubro menjadi salah satu bentuk rasa syukur pemerintah atas terlaksananya kembali event ini setelah dua tahun vakum sebab pandemi. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dalam sambutannya.


"Setelah dua tahun tidak ada event, tahun ini kita bisa merayakan kembali dan kita sudah bisa melaksanakan hajatan yang telah ditunggu-tunggu masyarakat sekaligus hari jadi Ponorogo," katanya.


Selanjutnya, ia menjelaskan dalam perayaan Grebeg Suro ini juga akan dilaksanakan dzikrul ghofilin. Secara khusus, dirinya mengimbau para ASN (Aparatur Sipil Negara) agar turut serta hadir dan mengikuti kegiatan yang ada.


"Sekaligus saya mengimbau kepada teman-teman ASN di acara Grebeg Suro ada istigotsah atau dzikrul ghofilin yang mana nanti ramai sekali jamaahnya. Saya mohon dengan hormat semua terlibat tidak hanya menonton, tidak hanya menjadi pemerhati saja, tetapi terlibat ikut ngaji bagi yang beragama Islam," jelasnya.


Istighotsah dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ponorogo, Kiai Ansor M Rusydi. Sedangkan doa dipimpin Kiai Asvin Abdurrahman yang merupakan perwakilan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Ponorogo.


Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Lisdiyarita, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kapolres , Ketua PCNU Ponorogo, Kaia Fatchul Aziz, serta para santri dan jamaah. (Adv)


Editor:

Pemerintahan Terbaru