• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Matraman

Gali Ilmu Industri Kreatif, Ilkom UNU Blitar Kunjungi Universitas Amikom

Gali Ilmu Industri Kreatif, Ilkom UNU Blitar Kunjungi Universitas Amikom
Mahasiswa UNU Blitar kunjungan industri ke Universitas Amikom Yogyakarta. (Foto: NOJ/ISt)
Mahasiswa UNU Blitar kunjungan industri ke Universitas Amikom Yogyakarta. (Foto: NOJ/ISt)

Tulungagung, NU Online Jatim

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer (Ilkom) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menggelar kunjungan industri ke Universitas Amikom di Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (06/12/2023).


Ketua Prodi Ilkom UNU Blitar, Abdul Charis Fauzan mengatakan, meskipun Amikom adalah universitas tapi memiliki badan usaha selevel industri yang bertempat di area Amikom Creative Economy Park.


Seperti yang dijelaskan, agenda pertama yakni showing dengan pihak humasnya, jadi mereka memberikan paparan penjelasan dan ditunjukkan tempat-tempat badan usaha yang memang tempat industri bernaung di Amikom creative economy park, seperti ada RBTV, radio, software house, pengembangan game dan animasi, virtual reality dan sebagainya.


“Kemudian diarahkan ke ruangan cinema seperti bioskop, diputarkan contoh dari film animasi yang dibuat oleh Amikom seperti The Battle of Surabaya dan Ajisaka,” ujarnya.


Setelah itu, mendapatkan materi tentang pengelolaan industri kreatif dari PT GITs Solution dan serta pengembangan startup dari Amikom Business Inkubator. Menurutnya, agenda ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa calon lulusan Ilkom agar mereka mengetahui penerapan Ilkom di dunia kerja dan industri.


“Mereka nantinya tidak hanya mengenal teori di dalam kelas, tetapi mengenal juga penerapan ilmunya,” terangnya.


Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 58 mahasiswa angkatan 2021 dan 5 orang dosen. Pihaknya diterima oleh Direktorat Kehumasan dan Internasional Amikom. Ia berharap, kegiatan ini dapat rutin diagendakan oleh setiap angkatan di Prodi Ilkom.


Lebih lanjut, ini merupakan pertama kalinya diinisiasi. Ke depan juga akan mencari industri-industri yang relevan dengan keilmuan komputer untuk dikunjungi dan digali ilmunya seluas-luasnya.


“Agar mahasiswa memiliki wawasan baru yang belum pernah diketahui ketika belajar ilmu komputer di kelas. Tentu tidak hanya berhenti di Yogyakarta, mungkin bisa ke Semarang, Surabaya bahkan Bandung,” tandasnya.


Matraman Terbaru