• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Matraman

1 ABAD NU

Jelang 1 Abad NU, Sekum Muhammadiyah: NU Semakin Digdaya

Jelang 1 Abad NU, Sekum Muhammadiyah: NU Semakin Digdaya
Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah 2015 - 2022, KH Abdul Mu’ti. (Foto: NOJ/voa Islam)
Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah 2015 - 2022, KH Abdul Mu’ti. (Foto: NOJ/voa Islam)

Pacitan, NU Online Jatim


Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah mendukung penuh serta mengucapkan selamat jelang perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU). Gelaran 1 Abad NU akan dipusatkan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo pada Selasa 07 Februari 2023 mendatang.


Ucapan selamat itu disampaikan oleh Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah 2015-2022, KH Abdul Mu’ti di laman instagramnya @abe_mukti, Senin (30/01/2023).


“Secara pribadi dan atas nama PP. Muhammadiyah, saya mengucapkan Selamat Hari Lahir @nahdlatululama, 31 Januari 1926-31 Januari 2023,” tulisnya.


Cendekiawan Islam Indonesia itu menyampaikan, NU adalah organisasi yang berpeluang menjadi salah satu yang paling berpengaruh dalam menentukan masa depan umat bangsa. NU merupakan organisasi yang terbesar dan akan semakin digdaya.


“Dengan jumlah anggota yang besar dan kedekatan dengan pemerintah, NU memiliki potensi besar menjadi organisasi digdaya,” jelasnya.


Lebih lanjut, kedigdayaan NU akan terwujud apabila organisasi bisa lebih serius melakukan tiga program utama. Pertama, melakukan transformasi jamiyah menjadi organisasi yang berbasis sistem dan budaya good governance.


“Yang kedua, penguatan ekonomi umat dan peningkatan layanan sosial terutama di akar rumput sebagai basis massa NU,” terangnya.


Selanjutnya ketiga, memperkuat peran sebagai civil society dan civil Islam yang mendorong percepatan konsolidasi demokrasi, pemberantasan korupsi, penegakan hukum dan HAM, dan peran masyarakat sipil lainnya.


Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menegaskan, acara yang melibatkan banyak orang itu untuk menggelorakan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), dan peringatan 1 abad NU ini akan selalu di kenang di masa mendatang.


“Mari kita laksanakan kegiatan-kegiatan dengan niat untuk mengambil barokah dari NU,” tandasnya.


Matraman Terbaru