• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 Februari 2024

Matraman

Kegigihan Ratna, Kader IPPNU di Nganjuk Juara Pencak Silat Nasional

Kegigihan Ratna, Kader IPPNU di Nganjuk Juara Pencak Silat Nasional
Ratna Wulandari, kader IPPNU Kemaduh Baron, Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Ratna Wulandari, kader IPPNU Kemaduh Baron, Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Pencapaian seorang atlet untuk menjadi juara tentu membutuhkan pengorbanan. Salah satu atlet silat asal Kabupaten Nganjuk, Ratna Wulandari yang baru saja menyabet medali perak atau terbaik kedua pada Kejuaraan Pencak Silat Nasional Piala Dandim Kediri di Gor Jayabaya, Kota Kediri.


Ratna yang juga Ketua Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kemaduh Baron tersebut menceritakan perjalanan karir silatnya. Ia mengaku telah jatuh hati kepada seni bela diri sejak masih duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs). Ratna pun akhirnya memutuskan untuk bergabung di Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa.


“Saya tertarik dan mulai ikut bela diri sejak usia 10 tahun. Alhamdulillah, di usia 13 tahun saya baru diizinkan oleh orang tua untuk mengikuti latihan, ketika itu tahun 2018 dan saya masih duduk di bangku kelas 7 MTsN 4 Nganjuk,” terangnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (22/10/2022).


Kegigihannya menggeluti seni pencak silat, membuat karir Ratna terus berkembang. Kendati telah berkali-kali gagal dalam berbagai kompetisi, hal itu tak membuat semangatnya jatuh. Justru ia gunakan sebagai motivasi untuk berusaha lebih keras lagi.


“Meski awalnya banyak yang meragukan saya, alhamdulillah saya bisa membuktikan kepada semua orang bahwa saya bisa,” terang Siswa Madrasah Aliyah plus Keterampilan (MAPK) Al-Hidayah tersebut.


Ratna tak henti-hentinya mengucap syukur setelah menyabet medali perak. Kemenangan itu membuka jalan remaja 17 tahun ini untuk mewujudkan niat mulianya menjadi atlet pencak silat profesional.


“Kemenangan ini saya persembahkan kepada keluarga khususnya orang tua dan guru saya,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala MAPK Al-Hidayah, Wahyu Irvana menyampaikan ucapan selamat kepada Ratna sekaligus mengapresasi atas keberhasilannya dalam menorehkan prestasi di bidang olahraga, khususnya seni bela diri pencak silat.


"Selamat kepada Ananda Ratna yang telah menorehkan prestasi membawa harum nama almamater dan IPPNU Baron. Semoga kader IPNU-IPPNU lainnya bisa ikut menorehkan prestasi sesuai kemampuan dan bakat masing-masing," pungkas pria yang juga Sekretaris PC LP Ma’arif NU Nganjuk ini.


Matraman Terbaru