• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Matraman

Kemandirian Ekonomi Jadi Pembicaraan Ngopi Bareng Banser Pondok Tremas

Kemandirian Ekonomi Jadi Pembicaraan Ngopi Bareng Banser Pondok Tremas
Kiai Luqman Harist Dimyathi saat menyampaikan sambutan. (Foto: NOJ/Anwar Sanusi)
Kiai Luqman Harist Dimyathi saat menyampaikan sambutan. (Foto: NOJ/Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pondok Tremas, Pacitan bekerja sama dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kecamatan Arjosari menggelar ngopi bareng bertajuk Sosialisasi Pola Hidup Sehat dan Penguatan Kemandirian Ekonomi Organisasi. Kegiatan dilaksanakan di Ndalem Dipomenggalan pondok setempat, Sabtu (19/02/2022).
 

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Banser Pondok Tremas. Kesempatan kali ini membahas tentang pentingnya pola hidup sehat dan kemandirian ekonomi organisasi.
 

"Pola hidup sehat dan kemandirian ekonomi sangat penting, saya sudah membuktikan. Saya semangat bersama kalian yang masih muda. Ayolah mandiri bersama," kata Pengasuh Pondok Tremas, Kiai Luqman Harist Dimyathi.
 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Pendidikan dan Latihan Satuan Khusus (Diklatsus) Banser Husada (Basada) Jawa Timur Didiek Rachmadi menyampaikan akan pentingnya pola hidup sehat. Utamanya dalam hal pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh. Ia mengungkapkan bahwa mengonsumsi air mineral secara rutin merupakan salah satu  upaya untuk pencegahan berbagai penyakit.
 

"70 persen penyakit mulai dari kanker, sakit ginjal, dan penyakit berbahaya lainnya itu disebabkan karena kurangnya air putih. Di sinilah pentingnya air putih untuk kita," kata Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Jawa Timur bidang pengabdian masyarakat itu.
 

Dijelaskan dia, kemandirian ekonomi suatu organisasi berawal dari pola hidup sehat sehari-hari setiap anggotanya. Karena, berawal dari kesehatan, seseorang mampu memenuhi kebutuhan hidup dan menjalani aktivitas. Menurut dia, kesehatan merupakan kunci segala hal. 
 

"Kesehatan itu mahal. Karena itulah ia dijadikan sebagai  tulang punggung kemandirian ekonomi. Mari jaga kesehatan kita," ajaknya. 
 

Sementara itu, Camat Arjosari Didik Darmawan menyampaikan apresiasi kepada PAC Ansor Kecamatan Arjosari yang ikut serta membangkitkan potensi daerah. Sebagai orang nomor satau di kawasan setempat, dirinya siap mendukung serta memberikan layanan fasilitas untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Ansor.
 

"Saya berharap tahun ini lebih baik daripada tahun yang kemarin. Yang semula jarang berkumpul semoga ke depannya bisa lebih sering lagi. Dan kami siap memfasilitasi," ujar Didik. 
 

Kegiatan ini menghadirkan Ketua Pengurus Cabang (PC) Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kabupaten Pacitan, Hamka Hakim, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pacitan, Munaji, perwakilan Puskesmas Kecamatan Arjosari, dan ketua PAC Ansor se-Kabupaten Pacitan.

 

Penulis: Anwar Sanusi


Editor:

Matraman Terbaru