• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Matraman

LPBINU Nganjuk Gelar Raker Siapkan Pasukan Penanggulangan Bencana

LPBINU Nganjuk Gelar Raker Siapkan Pasukan Penanggulangan Bencana
Rapat kerja PC LPBINU Nganjuk siapkan pasukan penanggulangan bencana. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Rapat kerja PC LPBINU Nganjuk siapkan pasukan penanggulangan bencana. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Nganjuk menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan tema ‘Memantapkan Niat, Menata Hati untuk Siaga Bencana’. Kegiatan dipusatkan di Hotel Karya Wisata Sanggrahan, Sawahan, Nganjuk, Ahad (06/03/2022).


Ketua LPBINU Nganjuk, H Moh Subhan menyampaikan, raker tersebut merupakan agenda organisasi yang memiliki dua tujuan. Pertama, melakukan evaluasi atas kinerja organisasi yang sudah dilakukan. Kedua, merencanakan dan menyusun program kerja yang akan dilaksanakan lima tahun mendatang.


“Kami juga ingin memantapkan niat para pengurus dan relawan agar memiliki sikap anti sambat tahan hujat saat bekerja menanggulangi bencana,” ungkap Subhan kepada NU Online Jatim.


Ia menjelaskan, banyak kegiatan yang dilakukan LPBINU Nganjuk. Namun dirinya merasa perlu menambah personil guna mengantisipasi bencana yang terjadi dengan cepat.


“Alhamdulillah, pengurus dan relawan LPBINU setiap kecamatan sudah terbentuk. Harapannya jika terjadi bencana rescue terdekat, mampu memberi pertolongan dengan cepat dan terukur,” sambung Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula Kertosono, Nganjuk tersebut.


Sementara itu, M Sofatul Anam Ketua Pelaksana Lapangan LPBINU Nganjuk mengatakan,  dalam raker dibahas soal strategi penguatan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. Menurutnya, hal tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan Indonesia tangguh bencana sehingga dapat mendukung pembangunan berkelanjutan.


“Kami tengah menyiapakan pembuatan Standar Operasinal Prosedur (SOP) bagi relawan, legalitas dan standarisasi relawan, perlindungan dan kesejahteraan relawan, serta pembuatan sistem peringatan dini bencana banjir dan sebagainya,” terang alumnus Institut Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro, Nganjuk itu.


Kendati demikian, lanjut Anam, instrumen program kerja yang dipersiapkan perlu didukung dengan kolaborasi berbagai pihak agar dapat berjalan sesuai target yang diharapkan. Di antaranya adalah kolaborasi dengan lembaga pendidikan dan pemerintahan .


“Seperti melakukan kontrak kerja sama dengan Dinas Kehutanan untuk pengelolaan hutan konservasi, dan mengaplikasikan program sekolah atau pondok pesantren tangguh bencana,” tuturnya.
 


Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh KH Ali Musthofa Said Rais PCNU Nganjuk; KH Hasyim Afandi Ketua PCNU Nganjuk; Marhaen Djumadi Plt Bupati Nganjuk; Moh Yasin Sekda Nganjuk; pengurus LPBINU se-Kabupaten Nganjuk, lembaga dan badan otonom NU serta undangan lainnya.


Matraman Terbaru