• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Matraman

Mengenal Wafa, Anggota IPNU Trenggalek yang Mahir Seni Tilawah

Mengenal Wafa, Anggota IPNU Trenggalek yang Mahir Seni Tilawah
Wafa, anggota PC IPNU Trenggalek ketika menerima penghargaan dalam ajang tilawah. (Foto NOJ/Marisa Khoirila)
Wafa, anggota PC IPNU Trenggalek ketika menerima penghargaan dalam ajang tilawah. (Foto NOJ/Marisa Khoirila)

Trenggalek, NU Online Jatim

Ahmad Muzakki Wafa, sosok yang terkenal sebagai seorang yang kalem dan santun baru saja dilantik pada Ahad (26/11/23) sebagai Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Departemen Dakwah Kabupaten Trenggalek ini ternyata mahir dalam seni Tilawatil Qur'an.


Pengalaman pertama Wafa mengikuti kompetisi tilawatil Qur’an sudah dimulai sejak tahun 2013. Kala itu adalah pengalaman pertamanya dan lolos menjadi juara di tingkat kecamatan, namun ketika bersaing di tingkat kabupaten hasilnya nihil.


"Yang paling membuat saya kesulitan adalah saat menginjak usia pubertas. Dimana saat itu terjadi perubahan suara dan saya kesulitan mengatur nada," ujarnya kepada NU Online Jatim, Senin (27/11/23).


Cerita singkat dari Wafa, sejak kelas tiga Sekolah Dasar (SD) ia sudah mengenal seni tilawah yang tak lain dari ibunya sendiri. Bakat memiliki suara indah adalah nasab dari ibunya. Bahkan guru pertamanya adalah ibunya.


Kemudian semakin beranjak dewasa, ia mulai belajar dengan orang lain yakni guru di desa ia tinggal. Ia mendaftar dan diterima masuk di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Trenggalek melalui jalur tilawah.


"Di sana saya mengenal seorang ustadz yang kharismatik dengan sifat yang lembut serta materinya yang mudah dipahami, Imam namanya, guru ekstrakulikuler tilawatil Qur'an di MTs saya dan bahkan menjadi pembimbing saya sampai saat ini," ungkap anggota Departemen Dakwah PC IPNU Trenggalek itu.


Saat ini, seni tilawah yang dimiliki Wafa telah diajarkan kepada para siswa di salah satu sekolah naungan Ma'arif NU yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Huda Rejowinangun, Trenggalek. Ia mengajarkan seni tilawah melalui ekstrakurikuler yang diampunya. Wafa ingin semakin banyak masyarakat yang mengenal dan cinta dengan seni tilawatil Qur'an sejak dini.


"Saya selalu ingat dengan perkataan guru saya, hiasilah Al-Qur’an dengan suaramu,” jelasnya.


Selain sebagai anggota di PC IPNU Trenggalek, ternyata Wafa adalah Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU kecamatan Trenggalek masa khidmat 2023-2025.


Sebelumnya Wafa aktif di tingkat ranting Desa Rejowinangun sebagai ketua masa khidmat 2017-2019 kemudian naik ke tingkat PAC sebagai wakil ketua 1 PAC Kecamatan Trenggalek masa khidmat 2021-2023.


Kejuaraan yang pernah didapatkan Wafa adalah:

  1. Juara 2 Festival Anak Sholeh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Trenggalek tahun 2016.
  2. Juara 2 Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Trenggalek tahun 2018
  3. Juara 3 MTQ Kabupaten Trenggalek 2020.
  4. Juara 2 MTQ Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) Jawa timur (Jatim) tahun 2022.
  5. Juara 3 Tilawah oleh Pimpinan Cabang (PC) Jamaah Quran wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Trenggalek tahun 2022.
  6. Juara 3 Lomba Menyanyi Islami oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Trenggalek tahun 2022.


Matraman Terbaru