• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Matraman

Momen KH Ali Masykur Musa Peluk Kader PMII Sulsel

Momen KH Ali Masykur Musa Peluk Kader PMII Sulsel
Cak Ali memeluk dan mencium kader PMII. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Cak Ali memeluk dan mencium kader PMII. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Tulungagung, NU Online Jatim

Memasuki hari kedua, rangkaian Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melangsungkan 'Thariqah Kebangsaan'. Salah satu narasumber Pengurus Pusat (PP) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), KH Ali Masykur Musa memeluk dan mencium kader PMII dari Sulawesi Selatan.

 

Hal tersebut bermula saat Zulfikri salah satu perwakilan dari PMII Cabang Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah mengeluhkan kondisi daerahnya. Ia menanyakan kepada narasumber KH Ali Masykur Musa dan Wagub Jawa Timur, Emil E Dardak perihal kurang siapnya pemerintah daerah dalam menjalankan program.

 

"Menurut saya itu tidak memiliki perencanaan ekonomi yang sangat matang. Belum selesai soal IKN dan belum selesai tentang food estate, malah lagi mengurusi masalah pertambangan," keluh Zulfikar, Jum'at (18/11/2022).

 

Tidak hanya itu, dirinya juga menyadari mahasiswa atau pemuda juga belum siap betul. Keluh kesah tersebut disampaikan dalam forum sesi tanya jawab. Ia juga sangat bersyukur bisa bertemu orang-orang, tokoh-tokoh hebat dalam gelaran Muspimnas PMII.

 

"Berkat muspimnas ini saya bertemu langsung dengan Prof Ali Masykur Musa. Jujur kalau Prof bisa mengisi Mapaba di Tulungagung, kami di Sulses, di Timur Indonesia sangat sulit bisa melihat tokoh nasional," imbuhnya.

 

Selepas menutup salam. Ia meminta izin kepada sang moderator untuk mencium salah satu narasumber. "Kak mohon izin cium tangannya Prof Ali," ungkapnya.

 

Lantas moderator memberikan jawaban "boleh" dan juga meminta izin kepada KH Ali Masykur Musa yang kerap disapa Cak Ali.

 

Zulfikar berjalan ke atas panggung dan mengarahkan tangan ke KH Ali Masykur Musa, namun beliau menghindar serta malah memeluk kader PMII tersebut.

 

Pelukan hangat beberapa detik terlihat cukup erat dan mengharukan. Tak berselang lama, Zulfikar melepas pelukan dan tetap ingin mencium tangan KH Ali Masykur Musa. Namun beliau mengangkat tangannya agar tidak sampai docium serta memegang tangan kirinya untuk menahan untuk tidak dicium.

 

Melihat kejadian tersebut, KH Ali Masykur Musa langsung mengecup kening kader muda tersebut dengan kedua tangan memegang kepala Zulfikar.

 

Diketahui acara tersebut mengambil tema 'Kepemimpinan Daerah, Membangun Ekonomi Nasional' dengan tema besar Thariqah Kebangsaan.


Matraman Terbaru