• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Matraman

NU Mart Kampak Trenggalek Bagikan SHU Senilai Rp112 Juta

NU Mart Kampak Trenggalek Bagikan SHU Senilai Rp112 Juta
Sejumlah warga tampak berjubel saat berbelanja di NU Mart Kampak, Trenggalek. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Sejumlah warga tampak berjubel saat berbelanja di NU Mart Kampak, Trenggalek. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim

Memasuki tahun kelima, Nusantara Mart atau yang dikenal NU Mart telah banyak memberikan manfaat bagi jamiyah Nahdlatul Ulama. Tahun ini, NU Mart Kampak yang berada di bawah naungan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kampak, Trenggalek membagikan dana Sisa Hasil Usaha (SHU) senilai Rp112,2 juta.

 

Salah satu Tim 9 NU Mart Kampak, Imam Mujtahid mengungkapkan, bahwa satu lembar SHU tahun  ini meningkat, yaitu per lembar saham senilai Rp18 ribu. Dana itu dibagikan kepada pemilik saham mulai dari tokoh NU di semua ranting NU, termasuk yang berasal dari kecamatan tetangga seperti Watulimo dan Gandusari.

 

"Sejak awal mulai 2019 saham Rp13 ribu, tahun setelahnya Rp15 ribu, Rp16 ribu, dan Rp17 ribu dua kali, serta tahun ini menjadi Rp18 ribu per lembar. Jika ditotal sekitar Rp112 jutaan," ujar Mujtahid kepada NU Online Jatim, Kamis (04/04/2024).

 

Pria yang juga Sekretaris MWCNU Kampak ini mengaku penyaluran SHU sudah selesai pada tanggal 30 Maret 2024 lalu. Adapun mekanismenya dibagikan secara bergiliran di setiap Ranting NU, masing-masing selama dua hari.

 

"Kami memilih pembagian sebelum hari raya, karena kebutuhan masyarakat kebanyakan untuk hari raya. Ini ikhtiar membantu kebutuhan masyarakat, terutama Nahdliyin," jelasnya.

 

Mujtahid mengaku SHU tahun ini berupa voucher yang bisa digunakan berbelanja di NU Mart Kampak ataupun bisa diambil secara tunai. Kendati bisa ditukar dengan uang tunai, namun masyarakat kebanyakan memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan menjelang lebaran.

 

Ia mengaku, tahun kemarin selama dua kali hanya menyalurkan nominal Rp 17 ribu per lembar SHU lantaran dua tahun tahun tersebut sebagai upaya membeli lahan MWCNU Kampak yang digunakan NU Mart tersebut.

 

“Total lahan yang dibeli untuk pembebasan tanah yang saat ini digunakan NU Mart Kampak serta tepat di sebelah selatan lokasi senilai Rp1,4 miliar,” terang Mujtahid.

 

Pihaknya berharap, NU Mart Kampak senantiasa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari maupun kebutuhan lainnya. Sebab, dengan membeli produk di NU Mart secara otomatis mendukung kemandirian organisasi Nahdlatul Ulama dan umat.

 

"Memang tujuan adanya NU Mart untuk kemandirian ekonomi warga, supaya masyarakat utamanya warga NU, bisa menambah penghasilan walaupun tidak banyak," pungkasnya.

 

Sebagai informasi, jumlah saham NU Mart Kampak ada sebanyak 6.236 lembar dengan jumlah orang yang menanam saham ada 2.243 orang.


Matraman Terbaru