• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Peduli Keselamatan Pengendara, Banser-LPBINU di Nganjuk Tambal Jalan Berlubang

Peduli Keselamatan Pengendara, Banser-LPBINU di Nganjuk Tambal Jalan Berlubang
Aksi Banser dan LPBINU Ngluyu saat mengevakuasi badan jalan berlubang (Foto: Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Aksi Banser dan LPBINU Ngluyu saat mengevakuasi badan jalan berlubang (Foto: Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk menambal jalan berlubang di seputar puncak Kuniran pada Sabtu (12/03/2022). Diketahui, jalan raya Gondang-Ngluyu ini merupakan akses utama menuju kecamatan setempat.
 

“Selama ini jalan berlubang tersebut telah menyebabkan pengendara terganggu,” terang Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ngluyu, Ahmad Jaelani kepada NU Online Jatim.
 

Setiba di lokasi jalan rusak, belasan penambal beratribut loreng  dan hijau itu langsung mengevakuasi batu koral untuk menutupi badan jalan yang berlubang. Perbaikan pun hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dan tidak sampai menutup jalan. Sementara pengendara diarahkan melintas di sisi jalan yang tidak rusak.
 

Jaelani mengatakan, ada beberapa titik jalan yang letaknya di tengah hamparan hutan jati ini berlubang cukup dalam hingga mencapai 20 sentimeter. Akibatnya, sejumlah pengendara motor terpelanting hingga mengalami luka serius bahkan meninggal dunia.
 

“Semoga upaya sahabat-sahabat Banser dan LPBINU Ngluyu ini bermanfaat bagi pengguna jalan dan dapat terhindarkan dari kecelakaan lalulintas,” ungkap alumnus Institut Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk tersebut.
 

Aksi spontanitas ini dilakukan, lanjut Jaelani, semata-mata demi keselamatan pengguna jalan. Disamping itu, penambalan jalan ini dilakukan karena belum ada perbaikan dari instansi terkait.
 

Adapun biayanya ditanggung oleh NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) untuk membeli semen, pasir koral dan tambahan penguat cor.
 

“Kami berharap kepada dinas terkait segera turun tangan melakukan perbaikan. Kami juga menyadari tenaga kami terbatas sehingga tidak mungkin bisa melakukan perbaikan secara menyeluruh,” sambungnya.
 

Salah seorang pengendara sepeda motor, Patinem, berterima kasih atas perbaikan jalan itu. Dirinya berharap, aktivitas masyarakat seperti berangkat sekolah hingga mengangkut hasil pertanian ke luar daerah saat akan lebih lancar tanpa ada gangguan.
 

 

“Rasa syukur kami sampaikan karena akses jalan sudah lebih baik. Terima kasih Banser, LPBINU dan LAZISNU Ngluyu yang sudah bersedia menambal jalan,” pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru