• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 23 Februari 2024

Matraman

Perkokoh Organisasi dan Militansi Kader, Fatayat NU Pacitan Gelar LKD

Perkokoh Organisasi dan Militansi Kader, Fatayat NU Pacitan Gelar LKD
Kegiatan pembukaan LKD PC Fatayat NU Kabupaten Pacitan. (Foto: NOJ/Anwar Sanusi)
Kegiatan pembukaan LKD PC Fatayat NU Kabupaten Pacitan. (Foto: NOJ/Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Pacitan menggelar Latihan Kader Dasar (LKD) angkatan ke-13. Kegiatan yang bertajuk ‘Perkuat Militansi Kader guna Memperkokoh Organisasi’ ini dipusatkan di Gedung Aula Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) kabupaten setempat, Sabtu-Ahad (28-29/01/2023).


Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Pacitan, Murtiyaningsih mengatakan, pelaksanaan kaderisasi formal LKD sendiri merupakan Program Kerja (Proker) Bidang Pendidikan dan Pengkaderan PC Fatayat NU Pacitan. Hal ini mengingat masih minimnya anggota Fatayat NU Pacitan yang belum mengikuti pengkaderan tingkat dasar.


"LKD ini sebagai upaya penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kader Fatayat NU Pacitan," katanya kepada NU Online Jatim, Ahad (29/01/2023).


Murti menilai, LKD Fatayat NU ini sangat penting guna memberikan pemahaman tentang Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) dan NU kepada kader dan memperkuat kader perempuan nahdliyin dalam menghadapi era globalisasi.


“Terwujudnya militansi kader perempuan nahdliyin, utamanya di Fatayat NU dalam menghadapi era globalisasi dan digitalisasi. Juga sebagai upaya penguatan jam’iyah,” jelasnya.


Disisi lain, delegasi peserta dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Kecamatan Tegalombo, Wahyu Dwi Lestari menjelaskan, sebagai orang NU terutama kaum perempuan harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Kemudian mampu menjadi kader yang banyak berkontribusi.


“Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini kami dapat menjadi kader-kader fatayat militan,  kontribusi dan bakti kepada bangsa dan negara yang tercinta ini terutama kepada Aswaja,” ujarnya.


Dirinya juga berpesan, khususnya kepada perempuan nahdliyin untuk tidak menjadikan perbedaan pendapat sebagai sebab perpecahan dan permusuhan.


“Karena yang demikian itu merupakan kejahatan besar yang bisa meruntuhkan bangunan masyarakat, dan menutup pintu kebaikan di penjuru mana saja,” jelasnya.


Diketahui, kegiatan tersebut  diikuti puluhan peserta dari pengurus PC dan PAC se-Kabupaten Pacitan. Tampak hadir Ketua Tanfidziyah PCNU Pacitan, H Sutrisno dan perwakilan pengurus Bidang Dakwah Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jawa Timur selaku pembaiat dan 2 orang sebagai fasilitator.


Matraman Terbaru