• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Pesantren Tahfidz Al-Hasan Ponorogo Gelar MHQ Sambut Harlah ke-38

Pesantren Tahfidz Al-Hasan Ponorogo Gelar MHQ Sambut Harlah ke-38
Penyerahan hadiah pemenang MHQ Juz 30 oleh PPTQ Al Hasan Ponorogo. (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah)
Penyerahan hadiah pemenang MHQ Juz 30 oleh PPTQ Al Hasan Ponorogo. (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah)

Ponorogo, NU Online Jatim
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Al-Hasan Ponorogo menggelar Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) juz 30 se-Keresidenan Madiun. Kegiatan dalam rangka Hari Lahir (Harlah) ke-38 pesantren setempat itu dipusatkan di halaman PPTQ Al Hasan, Jalan Parang Menang Nomor 21, Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo, Ahad (07/08/2022).


Pengasuh PPTQ Al Hasan Kiai Agus Ihsan Arwani menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya menjaga eksistensi Al-Qur’an di era modern. Menurutnya, generasi penerus hendaknya terus digodok untuk menumbuhkan kecintaannya kepada Al-Qur’an.


“Sebagai penerus generasi umat Nabi Muhammad SAW, kita harus terus menjaga eksistensi Al-Qur'an di era modernisasi saat ini,” ujarnya.


Sementara Ketua Panitia Pelaksana MHQ Mu'izzul Chilmi mengatakan, agenda itu merupakan media silaturahim para hafidz Al-Qur’an serta untuk mewadahi lembaga profesional pencetak generasi qur'ani.


“Acara ini diikuti oleh 34 peserta dari beberapa kota se-Keresidenan Madiun yang berusia 6-12 tahun,” ucapnya.


Dirinya menyebutkan, teknis lomba MHQ ini yaitu dengan memanggil nama-nama peserta sesuai nomer urut, yang kemudian masing-masing peserta mengambil undian soal.


“Soal pertama menghafal nama surat dan arti nama surat, lalu dilanjutkan soal kedua dengan melanjutkan ayat yang dibacakan juri, dan terakhir sambung surat,” katanya. 


Disebutkan, daftar pemenang dalam MHQ juz 30 ini meliputi, Keysa Binta Najiha sebagai juara 1, Raihannah Arifah Salwa juara 2, dan Sofia Nur Fadila Firdaus sebagai juara 3.


Ia menambahkan, juara satu mendapatkan trophy, uang pembinaan Rp500.000 dan piagam penghargaan. Juara dua juga mendapatkan trophy dan piagam, serta uang pembinaan Rp300.000. Sedangkan juara tiga mendapatkan trophy dan piagam, serta uang pembinaan Rp200.000.


“Selain tiga juara tersebut, juga dipilih peserta terfavorit dan best performance atau penampilan terbaik,” tutur Mu'izzul Chilmi.


Atas dilaksanakannya kegiatan tersebut, sejumlah respons positif diucapkan sejumlah kalangan, di antaranya perempuan bernama Roro yang menjadi pendamping salah satu peserta. Ia mengatakan, kegiatan tersebut cukup bagus dan berharap dapat dikembangkan lagi ke depan.


"Saya harap acara ini ke depan bisa dikembangkan lagi. Semisal bisa se-Eks Keresidenan Madiun atau bahkan Nasional. Hal ini agar semangat mempelajari Al-Qur'an semakin lestari," katanya.


Matraman Terbaru