• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 19 Januari 2022

Matraman

Ponpes Darul Ulum Jombang Mulai Laksanakan Vaksinasi untuk Santri

Ponpes Darul Ulum Jombang Mulai Laksanakan Vaksinasi untuk Santri
Vaksinasi untuk santri Ponpes Darul Ulum Jombang, Selasa (06/07/2021). (Foto: IG darululum.official).
Vaksinasi untuk santri Ponpes Darul Ulum Jombang, Selasa (06/07/2021). (Foto: IG darululum.official).

Jombang, NU Online Jatim

Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang mulai melaksanakan vaksinasi untuk para santri pada Selasa (06/07/2021). Vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren.

 

Vaksinasi di Ponpes Darul Ulum Jombang ini rencananya akan dilaksanakan untuk sekitar 6.000 santri. “Alhamdulillah, ini hari pertama sekitar 150 (santri) yang sudah mengikuti vaksinasi,” kata KH Zulfikar As’ad atau Gus Ufik, Koordinator Litbang Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum kepada wartawan.

 

Dalam pelaksanaannya, Ponpes Darul Ulum bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang. Secara teknis, vaksinasi ini akan dilaksanakan secara bertahap di setiap Unit Pendidikan di Darul Ulum hingga mencapai target yang sudah direncanakan.

 

“Ini (vaksinasi) akan bergilir ke unit-unit yang ada di Darul Ulum,” lanjut Gus Ufik.

 

Terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan santri sebelum melakukan vaksinasi. Di antaranya yaitu harus mendapat persetujuan wali santri, screening pravaksin, dan lainnya.

 

"Tetap kita menggunakan standar operasional prosedur (SOP) yang ada. Antara lain menyebarkan surat edaran ke orang tua (wali santri) dan harus mendapat persetujuan dari orang tua," ungkap Gus Ufik.

 

Diharapkan, ikhtiar Ponpes Darul Ulum ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua pihak.

 

 

Upaya vaksinasi di pondok pesantren juga akan dilakukan di Ponpes Tebuireng Jombang. Hal ini dapat diketahui dari unggahan akun instagram Ponpes Tebuireng. Dalam unggahan itu terdapat surat pemberitahuan dari Satgas Covid-19 Ponpes Tebuireng kepada wali santri tentang rencana pelaksanaan vaksinasi kepada para santri.


Editor:

Matraman Terbaru