• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Matraman

Rawat Ingatan, Ansor Terbitkan Buku Sejarah NU Trenggalek

Rawat Ingatan, Ansor Terbitkan Buku Sejarah NU Trenggalek
PC GP Ansor Kabupaten Trenggalek segera menerbitkan buku Sejarah Ringkas NU Trenggalek. (Foto: NOJ/NU Network)
PC GP Ansor Kabupaten Trenggalek segera menerbitkan buku Sejarah Ringkas NU Trenggalek. (Foto: NOJ/NU Network)

Trenggalek, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Trenggalek segera menerbitkan buku terbarunya 'Sejarah Ringkas NU Trenggalek'. Buku nantinya menjadi rujukan, sebab penulisnya adalah Hamid Wilis pelaku sejarah pada masanya.


Ketua PC GP Ansor Trenggalek, Agus M Izuddin Zakki menuturkan sejarah singkat NU Trenggalek sebetulnya adalah buku karangan Mbah Hamid Wilis. Sejarah awal hingga tahun 2008 kurang lebih 60 tahun NU di Trenggalek.


"Tujuan Ansor menerbitkan buku tersebut karena memang ini amanah Mbah Hamid Wilis sebelum sedo (wafat, red). Beliau pernah berpesan ketika kami sowan ke sana agar bukunya diterbitkan," ujar Agus M Izuddin Zakki, Selasa (14/06/2022).


Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Kedunglurah Kecamatan Pogalan Trenggalek tersebut mengungkapkan, hal ini bisa terealisasi karena dukungan semua pihak. Ada kosakata dan beberapa pembetulan dari Tim Ansor yang kerja sama dengan tim media Urup.


"Buku ini sebagai sumbangan pemikiran kami peninggalan berupa literasi yang isinya sejarah yang membangun kepada NU khususnya di Kabupaten Trenggalek," bebernya.


Alumni Pondok Pesantren Al Falah, Ploso Kediri ini menjelaskan penulisan buku dari Hamid Wilis selain membuka cakrawala juga untuk nguri-nguri sejarah. Bentuk peninggalan Ansor Trenggalek periode ini yang berupa literasi sangat bagus, karena punya sejarah.


Menurut Gus Zakki, rencana sebetulnya buku itu akan dibagikan ke beberapa tokoh saja atau ke ranting-ranting. Tetapi setelah buku ini melalui proses editing, perjalanan banyak yang menginginkannya.


"Sehingga rencananya akan kita jual, karena ada request. Cetak pertama insyaallah kita sesuaikan dengan jumlah request, bisa 2 atau 4 ribu eksemplar," imbuhnya.


Ia menambahkan, target Ansor Trenggalek setiap tahun menerbitkan majalah, sekaligus menerbitkan buku. Selama ini yang masih berjalan dan terealisasi adalah majalah, sehingga adanya buku baru menjadi sebuah semangat.


"Insyaallah kalau ada sesuatu yang menarik dan bermanfaat, kita akan menerbitkan lagi," pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru