• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

Sapi dari Kapolri Jadi Kurban di Pesantren Modern Al-Anwar Pacitan

Sapi dari Kapolri Jadi Kurban di Pesantren Modern Al-Anwar Pacitan
Sapi bantuan dari Kapolri Jenderal Listiya Sigit sebelum disembelih jadi kurban di Pesantren Modern Al-Anwar Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Sapi bantuan dari Kapolri Jenderal Listiya Sigit sebelum disembelih jadi kurban di Pesantren Modern Al-Anwar Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo tidak ingin melewatkan momentum saling berbagi pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah yang jatuh pada hari Ahad (10/07/2022).


Jenderal Listyo mempercayakan penyembelihan dan pendistribusian salah satu ekor sapinya kepada Panitia Hari Raya Idul Adha Pondok Pesantren (PP) Modern Al-Anwar Pacitan  yang terletak di Kelurahan Ploso, Kecamatan/ Kabupaten Pacitan.


"Alhamdulillah, tahun ini kami diberi kepercayaan untuk menyembelih dan mentasarufkan sapi bantuan dari bapak Kapolri," kata Ali Mustofa panitia kurban Pesantren Modern Al-Anwar Pacitan.


Pria yang juga pengurus pesantren ini menyampaikan, sesuai arahan, hewan yang didistribusikan dari Kapolri harus benar-benar melalui pengecekan klinis. Sebab, saat ini wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) masih menjangkiti sejumlah hewan ternak di berbagai daerah.


"Untuk masalah kesehatan hewan, kami sudah memperoleh sertifikat veteriner, dan alhamdulillah layak untuk disembelih, secara syariat juga sudah layak," ungkapnya.


Adapun sapi dari Kapolri diterima secara simbolis oleh Muhammad Faiz selaku  ketua panitia Hari Raya Idul Adha Ponpes Modern Al-Anwar Pacitan  pada Jumat (08/07/2022).


Faiz mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kapolri kepada panitia untuk penyembelihan dan pendistribusian hewan tersebut.


"Kami sangat mengapresiasi  kepedulian bapak Kapolri untuk saling berbagi di hari raya Idul Adha ini. Dan niat baik dari para seluruh shohibul qurban semoga mendapatkan balasan yang terbaik dari  Allah SWT," harapnya.


Daging sapi bantuan dari Kapolri ini selanjutnya akan dibagikan oleh panitia kepada yang berhak menerima. Baik yang berada di sekitar pesantren maupun lokasi-lokasi lainnya yang masih membutuhkan.


Untuk diketahui, pada setiap peringatan Hari Raya Idul Adha, Pesantren Modern Al-Anwar Pacitan selalu melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Hal ini untuk membantu memudahkan para shohibul kurban dalam menyembelih dan mentasarufkan kurbannya.


Penulis: Kaukabusyarqi


Editor:

Matraman Terbaru