• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Dilantik, Lakpesdam NU Tulangan Sidoarjo Siap Cetak Kader Unggul

Dilantik, Lakpesdam NU Tulangan Sidoarjo Siap Cetak Kader Unggul
Pelantikan Pengurus Lakpesdam MWCNU Tulangan Sidoarjo. (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)
Pelantikan Pengurus Lakpesdam MWCNU Tulangan Sidoarjo. (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tulangan, Sidoarjo masa khidmat 2021-2022 resmi dilantik, Jumat (10/06/2022). Kegiatan yang dirangkai dengan pengajian lailatul ijtima’ tersebut dilaksanakan di Masjid Al Abror, Medalem, Kecamatan Tulangan.


Ketua Lakpesdam MWCNU Tulangan, M Misdi mengatakan, pihaknya siap mengawal seluruh program kerja NU dalam 5 tahun mendatang. Ia dan jajarannya telah menyiapkan beberapa agenda untuk meningkatkan mutu dan kualitas kader NU yang unggul dalam akidah, ilmu pengetahuan, dan teknologi.


“Pengurus Lakpesdam kali ini merupakan kader pilihan yang harus siap mencetak kader unggulan lain sebagai penerusnya,” katanya. 


Untuk itu dirinya akan berusaha memberdayakan seluruh kader NU dengan menghidupkan kembali pengkaderan NU mulai dari tingkat pelajar, GP Ansor, Fatayat NU dan lainnya. 


“Tentunya dengan sentuhan inovasi kajian dan pelatihan baru sebagai bekal dalam berkhidmat di NU,” ujar Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kemantren, Tulangan tersebut.


Sementara itu, Ketua MWCNU Tulangan, Fachri Siradj menjelaskan bahwa Lakpesdam mempunyai tugas stategis dalam mengembangkan SDM NU nantinya. Tugas inti dari Lakpesdam adalah mencari dan meningkatkan potensi yang dimiliki oleh kader NU. Oleh karena itu, harus memiliki inovasi dalam penerapannya di masyarakat.


“Banyak program yang dapat dikerjakan Lakpesdam saat ini,” katanya. 


Menurutnya, di antara yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan nilai-nilai Aswaja bagi generasi muda NU di tingkat desa maupun ranting dengan banyak menggelar pertemuan untuk memupuk rasa cinta terhadap NU sejak dini.


Fachri menyampaikan bahwa Lakpesdam harus selalu ada dan teliti dalam mengawal isu yang sedang tren di masyarakat, khususnya di media sosial. Untuk itu, pentingnya meningkatkan kemampuan dan kemauan untuk mengisi dakwah melalui teknologi.


“Hal tersebut yang harus diperhatikan dalam melakukan kajian serta pelatihan untuk mencetak kader unggul. Maka, penting menghadirkan pakar yang ahli sesuai bidang garapnya,” ungkap dia.


Lebih lanjut, Fachri berharap agar pengurus NU dapat terus berkembang dengan baik. Ia berpesan agar seluruh pengurus dan badan otonom NU harus ikut berperan dan saling bergotong royong untuk menyukseskan seluruh program kerja yang tela dicanangkan oleh NU.


“Alhamdulilah di saat momentum yang semakin membaik ini membuat geliat kegiatan NU kembali mulai bergerak semuanya. Semoga setelah dilantik, pengurus Lakpesdam yang baru ini dapat bekerja dengan baik,” harap dia.


Editor:

Metropolis Terbaru