• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Metropolis

Forum Banom NU di Mojokerto Deklarasi Manifesto Santri Mojosari

Forum Banom NU di Mojokerto Deklarasi Manifesto Santri Mojosari
Deklarasi Manifesto Santri Mojosari oleh Forum Banom NU Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. (Foto: NO/ Yulia Novita Hanum)
Deklarasi Manifesto Santri Mojosari oleh Forum Banom NU Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. (Foto: NO/ Yulia Novita Hanum)

Mojokerto, NU Online Jatim
Forum badan otonom (banom) NU di Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto melakukan deklarasi Manifesto Santri Mojosari. Kegiatan tersebut dipusatkan di Gedung MWCNU Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Ahad (16/10/2022).


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Mojosari. Zainal Arifin mengatakan, manifesto ini disampaikan untuk menegaskan semangat santri dalam membangun peradaban dengan berpedoman pada Islam Ahlussunah wal Jamaah, akhlakul karimah, dan menjunjung ukhwah basyariyah dan Islamiyah.


“Dengan adanya Manifesto Santri Mojosari ini untuk mendukung kelancaran acara pelantikan MWCNU Mojosari yang akan dilaksanakan tepat pada peringatan Hari Santri 2022. Apalagi, agenda ini melibatkan berbagai elemen masyarakat dari lintas agama, salah satunya paduan suara dari jamaat gereja,” ujarnya.


Manifesto tersebut dibaca secara bersama-sama oleh banom NU di Mojosari, Mojokerto. Meliputi, Muslimat NU, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa, dan Jamiyatul Qurro wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU).


Berikut ini lima butir Manifesto Santri Mojosari:

1. Kami Santri Mojosari, bertekad dengan penuh khidmat, takdzim dan patuh atas titah kiai, untuk tujuan kemajuan organisasi pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.


2. Kami Santri Mojosari, akan selalu menjunjung tinggi marwah masyayikh dan muassis Nahdlatul Ulama denngan tetap berpedoman pada akhlakul karimah dalam menjalankan roda organisasi.


3. Kami Santri Mojosari, berfungsi dan bertanggung jawab untuk membumikan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah dalam pedoman berperilaku dan berpolitik.


4. Kami Santri Mojosari, berkewajiban menjaga ukhuwah basyariyah dengan melibatkan secara aktif semua elemen bangsa dalam menjaga harmoni sosial dan kerukunan sesama.


5. Kami Santri Mojosari, akan berjuang sekuat tenaga dalam pelestarian tradisi puja-puji terhadap Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai suri tauladan terbaik sepanjang masa.


Metropolis Terbaru