• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

Gubernur Khofifah Minta Bank Jatim Perkuat Pasukan IT

Gubernur Khofifah Minta Bank Jatim Perkuat Pasukan IT
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa meminta pimpinan Bank Jatim memahami customer preferences (harapan pelanggan) dan terus meningkatkan kinerja bisnisnya, serta menguatkan pasukan IT menuju digital banking. Hal itu disampaikan saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) di ruang Bromo Bank Jatim, Rabu (07/12/2022).


Dalam kesempatan tersebut RUPS LB Bank Jatim mengangkat dua orang direktur baru bidang Information Technology dan Digital serta Direktur Manajemen Risiko hasil seleksi yang sudah lulus uji kelayakan dan kepatutan disetujui Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ). Ada hal baru dalam RUPS LB Bank Jatim dimana manajemen merubah nomenklatur beberapa direksi disesuaikan dengan kebutuhan ke depan.


“Dalam persaingan industri keuangan ke depan faktor pelayanan, faktor tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance),” katanya.


Menurutnya, kuatnya produk jasa keuangan yang kompetitif, ditopang IT yang handal adalah kunci memenangkan persaingan pasar. Bank Jatim ke depan harus juga menguatkan kredit UMKM yang merupakan backbone ekonomi kerakyatan di Jatim. Dalam mencapai visi misinya, Bank Jatim harus mengatahui trend perekonomian nasional dan lingkungan strategis Jatim. Manajemen harus memahami konteks ekonomi Jatim dan pelaku pelaku usaha serta menjadi mitra bagi pembangunan industri kecil, menengah yang jumlanya 9,7 juta, korporasi.


“Serta mengajak kerja sama lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang jumlahnya lebih dari 389 perguruan tinggu, rumah sakit BLUD dan rumah sakit swasta, bahkan 4500-an Pondok Pesantren  yang mengembangkan usahanya,” terangnya.


Dijelaskan, pasar ekonomi di Jatim sangat terbuka, dan Jatim adalah salah satu provinsi yang pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan investasinya sangat mengesankan diatas rata-rata Nasional dan pulau Jawa di akhir semestar tahun 2022 ini. Dalam RUPS tampak beberapa Bupati Walikota yang hadir beserta jajaran Direksi, Dewan Komisaris dan Pimpinan Cabang Bank Jatim.


"Kita biasa berada di zona nyaman, biasa menunggu orang datang, dan malas gerak berjejaring dan kadang ‘emoh’ risiko. Kebiasaan ini hanya cocok buat kaum foeodal jaman kerajaan dulu. Untuk sekarang kita harus lebih aktif dan lebih progressive tanpa mengurangi ke hati-hatian (prudentiality) dan control yang layak," pungkasnya.


Metropolis Terbaru