• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Metropolis

Gus Rifqil Dorong Santri Perluas Kemampuan Diri

Gus Rifqil Dorong Santri Perluas Kemampuan Diri
Gus Rifqil. (Foto: NOJ/Charline)
Gus Rifqil. (Foto: NOJ/Charline)

Surabaya, NU Online Jatim

Santri yang luar biasa adalah yang dapat mengembangkan ilmunya dan bermanfaat di luar pondok, sekaligus menyalurkan hobinya. Hal itu yang disampaikan oleh Gus Rifqil Muslim Suyuthi di salah satu acara TV9 bernama Dunia Santri, Selasa (26/07/2022).

 

Pria yang biasa dipanggil Gus Rifqil ini menjelaskan bahwa tidak hanya belajar tentang agama Islam, namun kecakapan lain juga harus dikuasai.

 

“Untuk menambah kelengkapan dari santri ini, maka harus cakap dengan yang skill yang lain,” jelas pria kelahiran Kendal.

 

Gus Rifqil juga bercerita tentang memiliki minat lain selain ngaji, seperti di bidang olahraga dan seni. Walaupun tidak terlalu ditekuni, ia masih bisa menjadi atlet gagal atau musisi gagal.

 

“Akhirnya saya explore. Pokoknya penyaluran hobi. Kalaupun saya menjadi atlet, ya atlet gagal atau musisi gagal,” candanya.

 

Pengasuh Pesantren Manba’ul Hikmah Kaliwungu ini menekankan penyaluran bakat itu penting karena menandakan bahwa santri tidak hanya ngaji saja.

 

“Tapi minimal penyaluran bakat dan tersalurkan. Ini menandakan bahwa santri itu enggak cuma bisa ngaji aja kok. Kita bisa lain-lain,” tegasnya. 

 

Ia pun menyampaikan dawai Gus Dur berbunyi santri sukses adalah santri yang bermanfaat untuk umat.

 

“Sesuai dawai Gus Dur. Tolok ukur kesuksesan santri itu bukan ketika di pondok tapi ketika sudah di rumah, bermanfaat untuk umat,” jelasnya.

 

Alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang juga menambahkan bahwa slogan ‘iso opo wae, opo wae iso’ harus ditanamkan oleh para santri agar tidak hanya bisa ngaji tapi bisa hal yang lain.

 

Iso opo wae berarti santri harus bisa apa saja. Opo wae iso, juga apapun harus bisa. Agar apa? Agar menjadi santri itu tidak cuma bisa ngaji tapi juga bisa yang lainnya,” tandasnya.

 

Penulis: Charline


Metropolis Terbaru