• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Kediri Raya

Pentingnya Kecakapan Literasi Santri di Era Digital

Pentingnya Kecakapan Literasi Santri di Era Digital
Literasi digital yang diadakan RMI PBNU, Jumat (22/07/2022). (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Literasi digital yang diadakan RMI PBNU, Jumat (22/07/2022). (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Wakil Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hodri Ariev mengajak santri untuk meningkatkan kecakapan dan kemartabatan dalam berliterasi.


Menurut Kiai Hodri, dalam belajar bukan perihal benar maupun salah, tetapi dilihat dari seberapa bermanfaatnya teknologi bagi generasi milenial.


"Kita ketahui bersama teknologi bisa mendorong batas-batas negara, bahkan bisa merongrong privasi seseorang," ujarnya saat sambutan dalam acara  Literasi Digital RMI PBNU dan Kominfo yang bertajuk 'Santri Harus Melek Digital'  di Pondok Pesantren Al-Kamal, Kecamatan Wonodadi,  Kabupaten Blitar, Jumat (22/07/2022).


Lebih lanjut, ia menekankan agar lebih peka dalam berliterasi, pasalnya di dunia digital ada empat sisi yang perlu diperhatikan. Yaitu meliputi adanya peluang, ancaman, manfaat serta mudlarat.


"Kuatnya fondasi pesantren di Indonesia menjadi benteng pertahanan sosial bagi santri," ungkapnya.


Oleh karenanya, santri harus  mampu menjadi pioner literasi digital yang memberikan manfaat dalam aspek positif, dengan mengisi konten-konten islami.


"Jadikan akses internet sebagai pengantar pengetahuan saja, ilmu keseluruhan harus merujuk pada sumber sumber terpercaya. Merujuk pada sumber buku maupun guru," pungkasnya.


Editor:

Kediri Raya Terbaru