• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Pantura

Literasi Digital PMII Tuban Diikuti Ratusan Peserta

Literasi Digital PMII Tuban Diikuti Ratusan Peserta
Kegiatan Literasi Digital PC PMII Tuban di Grand Javanilla Tuban.(Foto: NOJ/ Dhahrul Mustaqim)
Kegiatan Literasi Digital PC PMII Tuban di Grand Javanilla Tuban.(Foto: NOJ/ Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Tuban menggelar seminar ‘Literasi Digital’ yang diikuti ratusan peserta, Rabu (20/04/2022). Kegiatan yang berlangsung di Grand Javanilla Tuban tersebut dihadiri 135 peserta secara offline dan 70 orang mengikuti melalui zoom meeting.​​​​​​


Khoirul Huda, Ketua PC Ikatan Keluarga Alumni (IKA) PMII Tuban mengatakan, kader PMII saat ini harus mengasah kemampuannya di bidang digital. "Sudah saatnya PMII mengambil peran, terutama dalam hal digital karena perkembangan zaman yang semakin pesat," ujarnya.


Selain itu, ia juga berpesan kepada kader PMII bisa melaksanakan aksi sosial, muncul di tengah-tengah masyarakat dan membantunya.


"Kader PMII juga harus selalu muncul di permukaan ketika ada ketimpangan sosial, karena itu sudah menjadi kewajiban dalam roh pergerakan," tambahnya.


Sementara itu, Khoirukum Mimmu'aini, Ketua PC PMII Tuban mengatakan, dunia digital perlu didalami agar dapat melakukan perubahan sosial. Dengan memanfaatkan digital yang ada, Kader PMII dapat dengan mudah mengakses beberapa situs yang memuat beberapa data yang dibutuhkan.


"Kader PMII harus melihat dunia lebih luas melalui literasi digital, dengan cara itulah kita bisa membuat perubahan," katanya.


Aini juga mengingatkan kepada kader PMII untuk lebih kreatif di era digital. Sebab, menurutnya ada banyak peluang dan ancaman di dalamnya.


Namun Aini menegaskan bahwa kader PMII harus mengambil peluang itu untuk membuat konten-konten yang memiliki nilai tinggi dan bermanfaat bagi orang lain. 


“Kita sebagai kader PMII juga harus bisa menjadikan digital sebagai sarana pembelajaran untuk kemanfaatan sosial dan mendorong manusia untuk lebih produktif dalam membuat konten yang positif,” tutupnya.


Editor:

Pantura Terbaru