• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

Heboh Maling Tali Pocong di Sidoarjo, Ini Kata Ketua NU Tulangan

Heboh Maling Tali Pocong di Sidoarjo, Ini Kata Ketua NU Tulangan
Makam yang ditemukan terbongkar di Tulangan. (Foto: Istimewa)
Makam yang ditemukan terbongkar di Tulangan. (Foto: Istimewa)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Sebuah makam di kompleks pemakaman umum di Desa/Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, ditemukan terbongkar pada Selasa (08/02/2022). Warga yang menemukan kemudian memeriksa jenazah dan diketahui tali pocong yang mengikat kain kafan pada jenazah hilang.

 

Alam (28 tahun), warga setempat, mengatakan bahwa makam yang dibongkar orang tak dikenal itu ialah makam mendianga Siti Kalsum, yang meninggal pada Kamis sore, 3 Februari 2022, bertepatan dengan malam Jumat Legi.

 

Sebetulnya, kata Alam, sejak hari pertama dikubur, makam Siti Kalsum sudah dijaga. Sebab, menurut keyakinan warga, jenazah yang meninggal dan dikuburkan pada malam Jumat Legi biasanya diincar orang yang ingin memperdalam ilmu kekebalan dan kesaktian lainnya. Biasanya tali pocong jenazah yang diincar.

 

Lantas bagaimana menurut Fachri Sirodj, Ketua MWCNU Tulangan, menghimbau agar tindakan serupa untuk tidak perlu ditiru bagi warga NU. Sebab, tidak etis dan dapat menimbulkan asumsi yang tidak baik serta dapat melemahkan iman seseorang.

 

"Sebagai warga NU hendaknya lebih menganut dari dawuh (pesan) guru atau kiai, bukan malah mencari jalan pintas dengan melanggar syari'at agama Islam. Seperti mempercayai kepercayaan mistis yang punya tali pocong dari orang yang meninggal pada Jum'at legi, maka akan mendapat penglaris, pesugihan, kesaktian, wallahu a'lam," ujarnya saat ditemui oleh NU Online Jatim, Kamis (10/02/2022).


Metropolis Terbaru