• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Ikhtiar Ansor di Mojokerto Lahirkan Kader Kompeten Lewat PKD

Ikhtiar Ansor di Mojokerto Lahirkan Kader Kompeten Lewat PKD
Pelaksanaan PKD PAC GP Ansor Kecamatan PPuri, Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/ Yulia NH)
Pelaksanaan PKD PAC GP Ansor Kecamatan PPuri, Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/ Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). Kegiatan dipusatkan di SMK Al Hidayah, Desa Tampungrejo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto selama tiga hari, sejak Jum’at-Ahad (26-28/11/2021).

 

Agenda ini mengusung tema ‘Membentuk Kader Bertanggung Jawab, Berdedikasi, Berkarakter, Menuju Organisasi yang Mandiri’. Hal ini dimaksudkan untuk mencetak pemimpin yang mampu membuat perubahan untuk warga di masa depan.

 

“Selain itu, juga untuk memperjuangkan perubahan itu dengan melakukan perubahan yang paling mendasar,” ujar Mohammad Aminuddin Zulfi, ketua pelaksana PKD.

 

Menurutnya, banyak pemimpin hari ini yang gagal menjadi sumber inspirasi keteladanan. “Mereka tidak sanggup berdiri di barisan terdepan dalam memberi teladan dari dirinya dan lingkungan kekuasaannya yang terdekat,” katanya.

 

Zulfi mengungkapkan, materi yang disampaikan ada 9 materi, meliputi ke-NU-an, akidah Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja), amaliyah dan tradisi Aswaja, dan ke-Ansor-an.

 

Selain itu, ada juga materi administrasi GP Ansor, kebangsaan dan keindonesiaan, dasar-dasar organisasi, etika dan tata kelola media sosial, serta kemandirian ekonomi organisasi.

 

“Dan, nanti di hari terakhir diadakan rihlah, di mana peserta diajak terjun langsung ke masyarakat untuk mempraktikkan materi yang diberikan dan membuat laporan singkat,” ungkapnya.

 

Disebutkan oleh mahasiswa program studi Matematika di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan PKD ini sebanyak 50 orang pemuda, yang tersebar dari 13 desa se-Kecamatan Puri.

 

Ia menambahkan, PKD diadakan sebagai bentuk proses kaderisasi awal di organisasi GP Ansor Kecamatan Puri. Hal tersebut karena misi utamanya ialah memperbanyak kader dan dibarengi dengan kualitas masing-masing.

 

“Kami ingin memperbanyak kader muda NU demi terwujudnya organisasi yang berkompeten, berdedikasi tinggi, dengan berlandaskan akidah Ahlussunnah wal Jamaah,” pungkasnya.

 

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh anggota DPRD Jawa Timur Masduki, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto Ali Muh Nasih, Kepala Yayasan Al-Hidayah H Abdul Wakhid, serta perwakilan badan otonom (banom) NU.


Metropolis Terbaru