• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Metropolis

Inilah 10 Desa Wisata yang Direkomendasikan Dikunjungi

Inilah 10 Desa Wisata yang Direkomendasikan Dikunjungi
Desa Wisata Sumorobangun Flower Kabupaten Ponorogo. Foto: istimewa
Desa Wisata Sumorobangun Flower Kabupaten Ponorogo. Foto: istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Wisatawan bisa mencoba mengunjungi 10 desa di Jawa Timur (Jatim) yang memiliki tempat wisata menarik. Sepuluh desa ini sudah ditetapkan sebagai desa wisata karena kelebihannya masing-masing.


Bahkan, sepuluh desa wisata ini memperoleh penghargaan dalam Festival Dewi Cemara 2022  yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim.


Dewi Cemara yang menjadi nama dalam festival tersebut adalah akronim dari Desa Wisata Rakyatnya Cerdas Mandiri Sejahtera.


"Festival digelar di Trenggalek pada 2 - 3 November lalu," kata Gubernur Jatim  Khofifah Indar Parawansa dikutip dari Antara, Ahad (06/11/2022).


Adapun sepuluh desa wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi tersebut adalah Desa Wisata Tirta Agung Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Sendang Kabupaten Tulungagung, dan Desa Wisata Keling Kabupaten Kediri.


Kemudian Desa Wisata Klatakan Kabupaten Situbondo, dan Desa Wisata Kuningan Kabupaten Blitar. Selanjutnya Desa Wisata Doudo Kabupaten Gresik, Desa Wisata Durensari Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Pandanrejo Kota Batu, Desa Wisata Ketapanrame Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Sumorobangun Flower Kabupaten Ponorogo.


Khofifah merasa bangga atas pencapaian sepuluh desa wisata tersebut. “Ini merupakan apresiasi dari  Pemerintah Provinsi Jatim untuk desa wisata yang telah berhasil dikelola dengan baik dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru