• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Metropolis

Kerja Sama PBNU dan Kominfo RI, Sediakan Akses Internet untuk Pesantren

Kerja Sama PBNU dan Kominfo RI, Sediakan Akses Internet untuk Pesantren
Johnny G Plate, Menteri Kominfo RI. (Foto: NOJ/Aminuddin)
Johnny G Plate, Menteri Kominfo RI. (Foto: NOJ/Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menjalin kerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI). Penandatanganan nota kesepahaman ini digelar dalam rangkaian pembukaan Konferensi Besar (Konbes) NU 2022 yang bertempat di Hotel Yuan Garden, Jakarta, Jum'at (20/05/2022) malam.

 

Johnny G Plate, Menteri Kominfo RI usai memandangi surat kerja sama dengan PBNU mengatakan bahwa kerja sama itu merupakan awalan dan pintu pembuka bagi upaya kolaborasi ke depan. Utamanya sinergi antara pemerintah, masyarakat, media, akademisi, dunia usaha dan industri.

 

"Saya harapkan tim teknis PBNU dan tim Kominfo dapat mengelaborasikan ini secara spesifik. Agar mampu merealisasikan tepat waktu dan bermanfaat. Tidak sebatas kertas yang kita tanda tangani," katanya.

 

Ia menjelaskan bahwa era digital pesat ini membawa perubahan yang signifikan dalam setiap sisi kehidupan, termasuk didalamnya pengembangan ilmu dan pengetahuan. 

 

"Oleh karena itu, perubahan yang masif ini tentu menuntut kita memiliki perspektif baru yang kreatif, inovatif dan produktif. Usaha pemerintah dalam menyambut perubahan ini dengan melaksanakan akselerasi tranformasi digital," jelasnya.

 

Johnny juga berharap penandatanganan nota kesepahaman antara PBNU dan Kominfo ini dapat menjadi tonggak sinergi bersama. 

 

"Kami harap sinergi ini dapat mendorong pengembangan ekosistem digital di Indonesia," harapnya.

 

Sementara itu, ia juga mengungkapkan beberapa tindak lanjut kongkrit yang akan dikerja  samakan yaitu penyedia akses internet di pondok-pondok pesantren dibawah naungan NU. 

 

"Kami sudah membangun satelit besar yang diletakkan 36 ribu KM di angkasa yang akan melayani 150 ribu pelayanan pemerintah. Termasuk didalamnya 93 ribu 700 sekolah. Dalam jumlah sebesar itu kami pastikan NU kebagian," pungkasnya. 


Metropolis Terbaru