• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Metropolis

Kiprah IPHI dan MTP Mojokerto Diharap Dirasakan Masyarakat

Kiprah IPHI dan MTP Mojokerto Diharap Dirasakan Masyarakat
Prosesi pengukuhan PD IPHI dan pengurus MTP IPHI Mojokerto di Pendopo Graha Maja Tama. (Foto: NOJ/Yulia NH)
Prosesi pengukuhan PD IPHI dan pengurus MTP IPHI Mojokerto di Pendopo Graha Maja Tama. (Foto: NOJ/Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pengurus Daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dan pengurus Majelis Ta'lim Perempuan (MTP) IPHI Kabupaten Mojokerto periode 2021-2026 resmi dikukuhkan. Yang istimewa, berkenan mengukuhkan adalah Wakil Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Wilayah Jawa Timur, H Emil Elestianto Dardak.

 

Pengukuhan tersebut disaksikan Bupati Mojokerto yang berpusat di Pendopo Graha Maja Tama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, Sabtu (27/11/2021). 

 

Bupati Mojokerto Hj Ikfina Fahmawati berharap, dengan dilantik dan dikukuhkan sebagai pengurus, kiprah IPHI tidak sekadar khidmat di dalam tali persaudaraan saja. 

 

“Tentunya masyarakat sangat menanti kiprah produktif dan positif dari IPHI Kabupaten Mojokerto,” harapnya. 

 

Sementara itu, Ketua IPHI Kabupaten Mojokerto, KH Abdul Jalil Jauhary mengatakan, kegiatan dalam rangka pengukuhan yang tentu hari ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

“Para pengurus hendaknya kegiatan diviralkan supaya penduduk semua tahu bahwa IPHI Kabupaten Mojokerto telah dikukuhkan oleh PW IPHI Jawa Timur,” katanya.

 

Menurut Abah Jalil, IPHI ini telah merintis sebuah kegiatan yang diawali sejak zamannya Kiai Abdul Wahid mendirikan gedung yang sangat megah di atas tanah milik Pemerintahan Daerah di Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar. 

 

“Di sana terdapat bangunan masjid Ar-Roudloh, kemudian Taman Pendidikan Al Qur’an serta ada miniatur Ka’bah untuk praktik manasik haji dan umrah,” ungkapnya. 

 

Dan di sana lanjutnya, ada kantor Sekretarian IPHI serta bangunan gedung untuk pelaksanaan workshop, seminar, pertemuan dan digunakan untuk kepentingan masyarakat seperti pesta pernikahan.

 

“Salah satu kendalanya yaitu belum punya audio, dan tampak dari gedung depan itu perlu ada tambahan joglo,” tandasnya.

 

Tampak hadir Wakil Gubernur sekaligus Ketua IPHI Jawa Timur H. Emil Elestianto Dardak dan Sekretaris H M Nawawi.

 

Hadir pula Bupati Kabupaten Mojokerto Hj Ikfina Fahmawati, Ketua PW MTP-IPHI, Hj Dewi Masithoh, Dewan Pembina PD MTP-IPHI Mojokerto Hj Shofiya Hanak Albarra. Juga Ketua IPHI Kabupaten Mojokerto, KH Abdul Jalil Jauhary, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Teguh Gunarko dan pengurus IPHI.

 


Editor:

Metropolis Terbaru