• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

LFNU Sidoarjo Gelar Sekolah Hisab Rukyat, Ini Tujuannya

LFNU Sidoarjo Gelar Sekolah Hisab Rukyat, Ini Tujuannya
Sekolah Hisab Rukyat yang diadakan PC LFNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Sekolah Hisab Rukyat yang diadakan PC LFNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Fakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Sidoarjo menggelar sekolah hisab rukyat setiap ahad di kantor PCNU setempat. Kegiatan ini diharap bisa mencetak kader Lambaga Falakiyah di setiap kecamatan.


“Ahad 17 Juli 2022 lalu  sudah angkatan ke-IV dengan diikuti seratus peserta. Tidak hanya di Sidoarjo, ada juga peserta dari kabupaten sekitar, seperti  Gresik, Mojokerto dan Pasuruan,” kata Muchmmad Qolbir Rohman selaku Sekretaris PC LFNU Sidoarjo kepada NU Online Jatim, Selasa (19/07/2022).


Rohman menyampaikan, pihaknya mengggelar acara sekolah hisab dan rukyat guna mencari kader dalam ilmu falak. Supaya keilmuan falak tetap kental dengan tradisi NU. 


“Saat ini baru dua MWCNU yang telah memiliki lembaga falakiyah. Yakni Waru dan Sidoarjo. Semoga ke depan semua punya LFNU,” ungkapnya.


Sekolah hisab rukyat ini juga untuk mengetahui perkembangan ilmu hisab. Mulai dari hisab tradisional hingga kontemporer serta pembuktiannya. Selain itu, bisa memaparkan kriteria imkanur rukyat yang terbaru.


“Dengan mengikuti kegiatan ini peserta bisa mengetahui cara menentukan kiblat baik dengan kompas maupun dengan matahari (roshdul kiblat),” katanya.


Sementara itu, Agus Mahbub Ubaidillah Sekretaris PCNU Sidoarjo berharap peserta memahami materi yang dibahas selama kegiatan sekolah hisab rukyat ini.


“Ajak juga orang yang ahli falak untuk menularkan ilmunya di masyarakat dan meyakinkan masyarakat bahwa ilmu hisab itu mudah,” tandasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru