• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Metropolis

1 ABAD NU

NU Sidoarjo Pastikan Kawal Seluruh Rangkaian Resepsi 1 Abad NU

NU Sidoarjo Pastikan Kawal Seluruh Rangkaian Resepsi 1 Abad NU
Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin (kiri) di pembukaan Musker ke-2 PRNU Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Sabtu (14/01/2023).(Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin (kiri) di pembukaan Musker ke-2 PRNU Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Sabtu (14/01/2023).(Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo tengah melakukan rangkaian persiapan demi suksesnya resepsi 1 Abad NU. Mulai dari koordinasi dengan beberapa pihak hingga sejumlah langkah strategis yang akan ditempuh demi suksesnya kegiatan yang akan digelar di Stadion Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (07/02/2023).


Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin saat menghadiri pembukaan Musyawarah Kerja (Musker) ke-2 Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Sabtu (14/01/2023).


“Kita masih menunggu perintah selanjutnya dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terkait apa yang harus dilakukan,” katanya kepada NU Online Jatim. Namun demikian, sejumlah rapat koordinasi dan langkah-langkah strategis telah dilakukan, lanjutnya.


Dirinya mengungkapkan, PCNU Sidoarjo akan menginstruksikan kepada seluruh masjid, mushala, dan madrasah yang berada di bawah naungan NU untuk mengibarkan bendera NU. Selain itu, pihaknya juga akan mengimbau semua Nahdliyin untuk turut mengibarkan bendera NU di depan rumah masing-masing.


“Kami juga akan menginstruksikan agar masjid dan mushala di waktu yang kita tentukan nanti untuk mengadakan khatmil Quran dan istighotsah secara serentak,” jelasnya.


Kemudian yang juga tidak kalah penting sebagai ikhtiar rohani agar acara Resepsi 1 Abad NU berjalan sukses akan digelar pula ziarah ke makam muassis dan pengurus NU di Sidoarjo.


Lebih lanjut, Kiai Zainal menyebutkan, pada resepsi 1 Abad NU nanti pihaknya akan mengerahkan massa sebanyak 200 hingga 250 ribu orang dari semua unsur yang dimiliki PCNU Sidoarjo. Menurutnya, peringatan 1 Abad NU ini bukan momentum sembarangan.


“Dalam sejarah hidup kita hanya cuma satu kali, tidak mungkin kita bisa menemui dua abad, apalagi kebetulan puncak acara peringatan 1 Abad NU ini dipusatkan di Sidoarjo,” jelasnya.


Sadar dengan momentum yang luar biasa tersebut, dirinya mengajak seluruh Nahdliyin Sidoarjo untuk datang berbondong-bondong lokasi dan melihat betapa bangga ketika ada perayaan 1 Abad NU.


Seperti diketahui, puncak resepsi peringatan 1 Abad NU bakal dihadiri kurang lebih 1 juta warga dan ulama NU dari berbagai pelosok Nusantara, bahkan ulama dari sejumlah negara di dunia. Tak hanya itu, momen ini akan digelar selama 24 jam nonstop dan dimulai pada pukul 00.00 waktu setempat sampai dengan pukul 00.00 malam di hari berikutnya.

 


Editor:

Metropolis Terbaru