• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 Februari 2024

Metropolis

1 ABAD NU

Pemkot Surabaya Sediakan Angkutan bagi Peserta 1 Abad NU

Pemkot Surabaya Sediakan Angkutan bagi Peserta 1 Abad NU
Salah satu gerbang menuju Gelora Delta Sidoarjo. (Foto: NOJ/KYr)
Salah satu gerbang menuju Gelora Delta Sidoarjo. (Foto: NOJ/KYr)

Surabaya, NU Online Jatim

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyediakan kendaraan bagi warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin yang akan hadir pada puncak resepsi 1 abad NU di Gelora Delta, Sidoarjo. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan yang akan dihadiri 1 juta Nahdliyin pada Selasa (07/02/2023) tersebut.


”Jadi, kami akan siapkan transportasi, konsumsi, dan dikawal dengan mobil ambulans,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Jumat (03/02/2023).


Penjelasan tersebut disampaikannya usai menggelar rapat dengan jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya beserta Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU di ruang kerja Wali Kota Surabaya, Balai Kota Surabaya. Pertemuan untuk membahas warga Surabaya yang akan menghadiri harlah 1 abad NU.


Dijelaskannya bahwa tidak semata angkutan dan logistik, juga disiagakan toilet portable di lokasi. Termasuk pengawalan dari Polrestabes Surabaya lantaran sulitnya mencari bus.


Kendati demikian, dia mengaku bersyukur karena Kapolrestabes Surabaya Kombespol Yusep sudah menyiapkan 25 bus. Pemkot Surabaya bakal ikut menyediakan bus sekolah beserta angkutan pengumpan (feeder). Tidak terkecuali mobil-mobil dinas pemkot juga akan digunakan.


Menurut Eri, sementara ini, Pemkot Surabaya hanya bisa memfasilitasi sekitar 7 ribu dari 12 ribu orang yang berangkat. Untuk kepastian berapa orang yang akan difasilitasi dan berapa bus yang digunakan bakal dirapatkan kembali Sabtu (04/02/2023).


”Di rapat itu nanti sudah harus dipastikan berapa orang yang akan difasilitasi, berapa bus atau berapa kendaraan yang akan dipakai, titik kumpulnya di mana saja, dan siapa saja orang-orangnya sudah dipastikan, sehingga waktu pemberangkatan tidak kesulitan lagi,” jelas Eri.


Hingga kini, antusias Nahdliyin untuk hadir pada puncak resepsi harlah 1 abad NU demikian bergema. Sejumlah Nahdliyin dari berbagai daerah sangat bersemangat untuk datang. Mereka tidak hanya dari kota di Jawa Timur, juga beberapa kawasan dari lain provinsi.


Editor:

Metropolis Terbaru