• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Metropolis

Pesan Ramadhan Wagub Emil Dardak: Waktu untuk Refleksi Diri

Pesan Ramadhan Wagub Emil Dardak: Waktu untuk Refleksi Diri
Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak saat hadir di acara sidang paripurna DPRD Jatim. (Foto: NOJ/Humas Pemprov Jatim)
Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak saat hadir di acara sidang paripurna DPRD Jatim. (Foto: NOJ/Humas Pemprov Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Emil Elistianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur, berpesan kepada masyarakat Jatim untuk menggunakan bulan Ramadhan sebagai waktu istimewa untuk melakukan refleksi diri. Dengan begitu akan terdorong untuk melaksanakan hal-hal positif, baik dalam hubungannya dengan Allah secara personal, maupun dengan masyarakat secara sosial.


"Selama bulan Ramadhan, lisan, kata dan perbuatan diwujudkan sebagai masyarakat yang lebih baik. Gunakan waktu untuk refleksi di bulan Ramadhan sehingga dijauhkan dari perselisihan," kata Emil seusai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Provinsi Jatim, Jumat (01/04/2022).


Menurutnya, bulan Ramadhan menjadi motivasi untuk beribadah sebaik mungkin karena bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang mana segala amalan dan pahala akan dilipatgandakan.


Oleh karena itu, Emil mengajak bersama-sama menjaga kondisivitas situasi Ramadhan dengan penuh kedamaian dan kebaikan. "Jadikan bulan Ramadhan dengan penguatan disiplin untuk menjauhkan hal-hal yang dilarang agama," ujarnya.


Esensi bulan Ramadhan, lanjut istri Arumi Bachsin itu, bukan hanya ibadah seperti membaca Al Qur'an dan shalat, akan tetapi menjauhkan diri dari tutur kata yang menyakiti orang lain, menjauhkan diri dari ketidakjujuran dan menjauhkan diri dari pikiran negatif.


"Ini adalah nasib keseharian kita sebagai insan yang baik di tengah masyarakat. Tidak ada manusia sempurna dan selalu ada ruang perbaikan," tuturnya.


Mantan Bupati Trenggalek tersebut menambahkan, di bulan Ramadhan, manusia juga diberikan keikhlasan agar bersemangat menjalankan ibadah serta membantu saudara yang saling membutuhkan empati sosial publik. "Ini adalah nilai-nilai yang ingin kita dorong lebih lagi di bulan Ramadhan," imbuhnya.


Emil bersyukur momentum di bulan Ramadhan tahun ini situasi Covid-19 di Jatim terkendali. Namun, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak kebablasan dengan situasi yang sudah membaik ini. Karena itu dia meminta masyarakat tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan.


Metropolis Terbaru