• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Metropolis

Suasana Duka saat Jenazah Anam Wapemred NU Online Dimakamkan 

Suasana Duka saat Jenazah Anam Wapemred NU Online Dimakamkan 
Proses pemakaman jenazah Wapemred NU Online A Khairul Anam di Kabupaten Gresik, Jumat (25/06/2021). (Foto: NOJ/SH)
Proses pemakaman jenazah Wapemred NU Online A Khairul Anam di Kabupaten Gresik, Jumat (25/06/2021). (Foto: NOJ/SH)

Surabaya, NU Online Jatim

Jenazah Wakil Pemimpin Redaksi NU Online A Khairul Anam dishalatkan dan dimakamkan di Desa Kalirejo, Kecamatan Dukung, Kabupaten Gresik, pada Jumat (25/06/2021) pagi. Suasan duka tampak terasa sejak jenazah tiba di rumah duka hingga proses memakamkan.

 

Jenazah almarhum tiba dari Jakarta di rumah duka di Gresik pada Jumat dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB. Paginya, jenazah dishalatkan di masjid dekat rumah duka lalu dimakamkan di desa setempat.

 

Istri dan ketiga anak almarhum turut mengantarkan jenazah Wakil Sekretaris Komisi Infokom/Pokja Media Sosial itu hingga ke tempat pemakaman. Sahabat, para aktivis Nahdlatul Ulama, dan masyarakat setempat juga turut hadir.

 

Beberapa karangan bunga ucapan duka juga berjajar di rumah duka. Di antaranya dari putri Presiden RI Keempat KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Alissa Wahid, dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Jazilul Fawaid.

 

Hadir pula mengantarkan jenazah Anam, beberapa rekan dan sahabatnya dari NU Online​​​​​​​, Ni'am dan Yunus. Begitu pula dari NU Online Jatim, hadir bertakziyah Rofi'i Boenawi dan Rifki.

 

Shalat jenazah dipimpin oleh Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang NU Dukun KH Moh Sholeh. Dengan diikuti oleh masyarakat setempat dan sanak keluarga serta teman sahabat almarhum. Pada saat proses pemakaman ketiga anak dan istri almarhum ikut menyaksikan dengan penuh ketabahan. 

 

Perwakilan keluarga, Mun'im, menuturkan bahwa jenazah Anam dishalatkan dan dimakamkan di tanah kelahiran di Gresik berdasarkan kesepakatan keluarga.

 

"Hal ini sudah menjadi kesepakatan keluarga," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Diberitakan sebelumnya, A Khairul Anam meninggal dunia saat dirawat di RS Sari Asih Ciputat pada Kamis (24/06/2021) sekira pukul 08.00 WIB. Informasi wafatnya aktivis media NU itu tersebar luas di jejaring WhatsApp dan media sosial beberapa saat setelah almarhum mengembuskan napas terakhir.

 

Hingga ajal menjemput, Anam tercatat sebagai Wakil Pemimpin Redaksi NU Online. Alumnus Pesantren Lirboyo, Kediri, itu juga aktif mengisi dakwah di sejumlah televisi nasional saat Ramadlan.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru