• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Metropolis

Terima Kunjungan Tokoh Gereja, NU Sidoarjo Ajak Kerja Sama Sosial Kemasyarakatan

Terima Kunjungan Tokoh Gereja, NU Sidoarjo Ajak Kerja Sama Sosial Kemasyarakatan
Suasana pertemua PCNU Sidoarjo dengan perwakilan PGI. (Foto: NOJ/ Boy)
Suasana pertemua PCNU Sidoarjo dengan perwakilan PGI. (Foto: NOJ/ Boy)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo menerima kunjungan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) setempat periode 2021-2026 Jumat (25/03/2022). Kunjungan tersebut  dimaksudkan untuk silaturrahim dalam rangka mempererat persaudaraan.
 

KH Zainal Abidin Ketua PCNU Sidoarjo menyampaikan terima kasih kepada perwakilan PGI Sidoarjo atas kunjungan tersebut. Ia berharap kerukunan antar umat beragama bisa berjalan baik dan saling menghormati.
 

“Mari kita bergandengan tangan dalam gerakan-gerakan sosial kemasyarakatan, baik ekonomi, budaya maupun hal lainnya. Khususnya bagi terjaganya harmonisasi masyarakat Sidoarjo," ujar kiai yang pernah menjabat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo tersebut.​​​​​​​
 

Dodi Dyauddin, Wakil Sekretaris PCNU Sidoarjo yang juga hadir menemani dalam kesempatan tersebut bersyukur karena hubungan antar umat beragama di kota ikan bandeng dan udang terjalin sangat harmonis.
 

“Namun perlu dibuka lagi ruang-ruang pertemuan bagi kalangan pemimpin umat beragama dalam mengantisipasi ketegangan antar umat beragama yang dapat terjadi sewaktu-waktu,” katanya saat dibungi NU Online Jatim.
 

Senada dengan  Dodi, Zen Haq Amrullah Koordinator Gusdurian Sidoarjo menuturkan, salah satu pentingnya silaturrahim seperti ini menjadi media strategis untuk menjalin hubungan komunikasi dan jejaring dalam rangka membuka diri, menyatukan pemahaman terkait perbedaan, memahami hidup bermasyarakat serta pergaulan hidup dalam aspek keagamaan dan keyakinan.
 

“Momentum ini juga akan menyambung rasa kasih pada masing-masing tokoh agama. Sehingga pertemuan santai seperti secara tidak langsung akan mancari solusi atas problematika masyarakat Sidoarjo. Serta bisa menjadi media kampanye toleransi penguatan keberagaman dalam hidup berbangsa dan bernegara melalui bingkai kebhinekaan,” ujarnya.
 

 

Dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam tersebut, Ketua PGI Sidoarjo Pdt Natanael Sigit menyampaikan terima kepada PCNU Sidoarjo. “Kami berharap di ruang-ruang publik juga sesuai dengan suara kami seperti adanya perwakilan kami di FKUB, sehingga wakil kami sah atas nama kami,” ungkapnya.


Editor:

Metropolis Terbaru