Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Ini Alasan Mengapa Kiai Memiliki Banyak Istri

Ini Alasan Mengapa Kiai Memiliki Banyak Istri
Almaghfurlah KH A Hasyim Muzadi. (Foto: NOJ/Liputan6)
Almaghfurlah KH A Hasyim Muzadi. (Foto: NOJ/Liputan6)

Almaghfurlah KH A Hasyim Muzadi memang dikenal pintar menciptakan humor. Sewaktu diundang ceramah di PT Gudang Garam, Kiai Hasyim menyampaikan pengalamannya ketika diundang ke Vatikan, pusat agama Kristen. 

 

”Seorang monsinyur menyindir saya. Kok kiai NU istrinya banyak?” kata Kiai Hasyim Muzadi menirukan sindiran monsiyur itu.

 

Maksudnya, dalam Islam kok diperbolehkan beristri lebih dari satu. Padahal dalam ajaran Kristen, monsinyur dan pastur dilarang menikah. Monsinyur adalah gelar dalam agama Kristen yang levelnya lebih tinggi daripada pastur.


Mendapat pertanyaan monsinyur itu Kiai Hasyim langsung berpikir: ”Wah ini mulai masuk dapur kita.” 

 

Kiai Hasyim menuturkan bahwa monsinyur itu minta agar Kiai Hasyim tidak emosi. Itu berarti harus dijawab dengan humor yang cerdas.

 

”Saya jawab, ya itu kan untuk menampung wanita yang ditolak pastur. Tiap ada penolakan kan harus ada penampungan. Kalau tak ada penampungan kan terjadi pengangguran,” jelas Kiai Hasyim yang disambut ger para karyawan PT Gudang Garam.


”Kalau pengangguran tenaga kerja masih lumayan, tapi kalau pengangguran cinta kan bahaya,” kata Kiai Hasyim lagi. 

 

Dengan logika itu, menurut Kiai Hasyim, ternyata para pastur itu mengakui kebenaran ajaran agama Islam.

Terkait

Nusiana Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini