• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Opini

Sesajen dan Filosofi ‘Ndak Tentu’ 

Sesajen dan Filosofi ‘Ndak Tentu’ 
Menendang sesajen apakah berarti imannya kuat? Ndak tentu. (Foto: NOJ/LIk)
Menendang sesajen apakah berarti imannya kuat? Ndak tentu. (Foto: NOJ/LIk)

Tulisan ini diambil dari status Facebook penulis dengan editing seperlunya. Pesan yang ingin disampaikan agar lebih luwes dalam beragama, serta hindari memaksakan keyakinan sendiri atas yang dimiliki kalangan lain.

 

Ada pengalaman menarik saat suatu hari diundang sebagai narasumber acara dakwah di sebuah stasiun televisi lokal. Begitu masuk studio, suasana temaram. Kulihat ada properti berupa sayur-sayuran dan bumbon dapur. Mirip sajen gitu deh! Terus terang ada rasa tidak nyaman karena jarang berada di situasi mistis seperti ini.
 

Makna Ndak Tentu
Kuingat dulu pernah baca tulisan Emha Ainun Najib atau Cak Nun. Judulnya lupa, tapi soal filosofi hidup orang Madura dengan kata kunci "Ndak Tentu". Poinnya adalah tidak semua asumsi masyarakat umum itu selalu benar. 
 

Misalnya meninggal di Kota Suci itu ndak tentu baik. Bukankah orang bisa saja meninggal di sana pas melakukan maksiat? Orang sedekah banyak juga belum tentu baik. Bukankah sedekah banyak bisa juga hasil korupsi? Model-model begitu deh! Kesadaran seperti ini sering melahirkan logika tak terduga alias tidak umum.
 

Nah filosofi ‘Ndak Tentu’ ini lumayan melekat di pikiranku. Ia mengajarkan untuk menghindari cara memahami ayat atau realitas sosial secara tunggal kemudian melakukan generalisasi. Juga, melatih keterampilan untuk melihat berbagai kemungkinan makna ayat atau makna sebuah fenomena sosial. 
 

Pada akhirnya filosofi Ndak Tentu ini menuntunku untuk berani mencari ragam kemungkinan pemahaman atas ayat-ayat yang kerap dimaknai secara bias gender. Lalu akhirnya ketemu pemahaman yang adil gender. Tidak hanya sebatas pemahaman, tapi juga paradigma dan metode pemahaman yg lain atas Al-Qur’an agar spirit keadilan pada perempuannya tidak menguap.
 

Hindari Berpikir Dikhotomi
Filosofi Ndak Tentu ini juga penting sekali untuk menghindari cara berfikir dikhotomis atau hitam putih. Termasuk dalam beragama. Maka, konsep titik tengah, tawassuth, tawazun, atau moderasi beragama sesungguhnya memerlukan filosofi ini. 
 

Kalau bukan hitam, ndak tentu putih dan kalau ndak putih belum tentu hitam. Masih banyak warna selain hitam dan putih, taiye? Ada merah, kuning, bu-abu, dan lain-lain. Masing-masing warna pun ada gradasinya. Bahkan biru dan hijau juga ndak tentu masuk kategori warna, tapi cuma gradasi. Tidak ada warna hijau, adanya biru daun, atau sebaliknya tidak ada warna biru yang ada hijau langit. 
 

Nah, dalam acara dakwah televisi yang disponsori oleh pengobatan alternatif di atas, filosofi Ndak Tentu ini kupakai. Pada umumnya, masyarakat memandang bahwa ikhtiar sembuh ke ‘orang pintar’, baik dukun maupun figur spiritual melalui air atau sayuran dan bumbon tertentu itu syirik. Sebaliknya, ikhtiar sembuh ke dokter melalui obat-obatan itu tidak syirik. Ndak tentu, gais!
 

Kalau kita meyakini yang menyembuhkan kita adalah Allah, sedangkan tokoh spiritual maupun air dan ramuannya hanyalah media, maka selamat kita karena ndak syirik. Sebaliknya, kalau kita meyakini dokter dan obat-obatanlah yang menyembuhkan kita, bukan Allah, maka hati-hati kita bisa jatuh syirik. 
 

Saatnya Saling Menghormati 
Apakah semua sesajen itu syirik? Ndak Tentu.....tergantung cara kita memosisikan diri dan lainnya sebagai sesama makhluk dan memosisikan Allah sebagai khalik. Yakni, apakah sesajen itu dipakai sebagai sarana untuk menyembah pada sesama makhluk ataukah hanya sarana berbagi rejeki pada sesama makhluk, akan menentukan.
 

Apakah jika syirik menurut kita pasti syirik juga dalam keyakinan orang lain? Ndak tentu! Karena cara mengenali dan menamai Dzat Tuhan sebagai Sang Maha Pencipta antara satu umat beragama dengan umat agama lain bisa berbeda.
 

Apakah jika kita membiarkan sesajen berarti membiarkan syirik terjadi dan kita berdosa? Ndak tentu! 
 

Kalau kita membiarkan sesajen untuk menghormati umat agama lain menjalankan keyakinannya yang berbeda dengan kita, sebagaimana kita juga ingin umat agama lain menghormati keyakinan kita yang berbeda dengan mereka, tentu tidak! Kita bisa saling tidak setuju dengan keyakinan umat agama lain dan pada saat yang sama juga saling menghormati. Hormat tidak selalu berarti setuju.
 

Keyakinan beragama itu tak terukur, sangat personal dan dinamis. Jangankan kayakinan atau iman orang lain, iman kita juga ndak tentu stabil. Kadang-kadang naik karena tambah tebel (yazidu), tapi dang-kadang juga turun karena berkurang (yanqushu).


Yang Tentu dalam Beragama
Tentu saja dalam beragama juga melibatkan tindakan yang terukur dan lebih bisa dipastikan. Yakni, apakah sesuai dengan cita-cita agama atau tidak untuk:
 

1. Mewujudkan sistem kehidupan yang menjadi anugerah bagi semesta, khususnya bagi pihak lemah dan rentan dilemahkan dalam relasi apapun;
 

2. Menyempurnakan akhlak mulia manusia, khususnya akhlak pihak kuat dan dominan pada pihak yang lemah atau rentan dilemahkan dalam relasi apapun; Perbedaan apapun, termasuk keyakinan agama, tidak boleh menjadi alasan untuk menistakan/ bersikap zalim. Karena musuh agama yang sesungguhnya adalah kezaliman itu sendiri, baik dilakukan oleh umat agama lain, maupun sendiri. 
 

Sebaliknya, puncak pencapaian dalam beragama adalah keagungan dan keluhuran budi pekerti umatnya, baik kepada sesama manusia, sesama umat agama yang sama, beda, bahkan tidak beragama, bahkan sesama makhluk.
 

Tendang Sesajen
Bagaimana dengan menendang sesajen? Saya setuju dengan mbak Alissa Q. Wahid: "Boleh saja kita meyakini bahwa sesajen itu tidak boleh. Yang tidak boleh itu adalah mengambil hak orang lain untuk mengimani hal yang berbeda."
 

Ala kulli hal, apakah sujud ke Ka'bah itu syirik? Ndak tentu juga! Kalau sujudnya menyembah Ka'bah atau berhala-berhala yang kala itu ada di dalamnya, tentu saja syirik! Tapi kalau sujudnya itu menyembah Allah (Rabba Hadzal Bait), sedangkan hanya caranya saja menghadap ke Ka'bah seperti kita lakukan dalam shalat, tentu tidak dong deh ah!
 

Semoga kita bisa menjaga diri dari menuhankan apapun dan siapapun selain Allah walau tanpa menamainya Tuhan, dan dari melakukan kezaliman apapun, apalagi atas nama keyakinan agama. Amin.


Wallahu a'lam bish-shawab.

 

Nur Rofiah adalah Dosen Pascasarjana Konsentrasi Ilmu Tafsir Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur'an (Institut PTIQ) Jakarta.


Editor:

Opini Terbaru