• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Pantura

Hadiri Silaturahim dengan PWNU, Bawean Berharap Miliki Sekolah Unggulan

Hadiri Silaturahim dengan PWNU, Bawean Berharap Miliki Sekolah Unggulan
PCNU Bawean menyampaikan aspirasi pada pegiatan silaturahim yang digelar PWNU Jatim di Lamongan. (Foto: NOJ/Afandi)
PCNU Bawean menyampaikan aspirasi pada pegiatan silaturahim yang digelar PWNU Jatim di Lamongan. (Foto: NOJ/Afandi)

Lamongan, NU Online Jatim
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar silaturahim ke sejumlah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU). Kali ini berlangsung di Kabupaten Lamongan yang dihadiri utusan dari Lamongan, Babat, Gresik dan Bawean, Ahad (31/10).

 

“PCNU Bawean merencanakan adanya perguruan tinggi NU. Bukan perguruan tinggi yang hanya mengikuti Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama atau LPTNU saja. Tapi perguruan tinggi yang memang milik NU secara eksplisit,” kata Kiai Muhammad Fauzi, Ketua PCNU Bawean.

 

Demikian pula yang diharapkan adalah memiliki sekolah unggulan yang nanti letaknya ada di pusat kota.

 

“Karena hal ini begitu dibutuhkan oleh masyarakat Bawean," ungkap Kiai Fauzi.

 

Selain itu, Klinik PCNU Bawean yang sudah lama terbengkalai, akan dihidupkan kembali yang tentunya dengan bantuan dan support dari PWNU Jatim. 

 

“Begitu juga koperasi NU yang sudah berjalan akan berusaha ditingkatkan, baik dalam segi manajemennya atau ekspansinya,” terangnya.

 

Yang turut menjadi perhatian adalah adanya lembaga pendidikan yang fokus kepada kemaritiman karena PCNU Bawean berada di kepulauan. 

“Dengan demikian  harus mempunyai lembaga kemaritiman yang bagus dan nantinya bisa menjadi rujukan dari PCNU lain,” harapnya.

 

Pada kesempatan silaturahim tersebut dilaporkan bahwa PCNU Bawean juga telah melaksanakan kaderisasi formal. Hal tersebut dalam upaya meningkatkan militansi pengurus.

 

Dijelaskaannya bahwa hingga kini di Bawean telah digelar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama atau PKPNU, Kaderisasi Kader Profesi Nahdlatul Ulama yakni KKPNU, madrasah kader Nahdlatul Ulama (MKNU).

 

Bahkan kegiatan sempat dihadiri H Mun'im DZ selaku koordinator PKPNU pusat, dan berbagai agenda non formal lainnya,” jelasnya.

 

Silaturahim ini merupakan program PWNU Jatim untuk meninjau langsung program kerja PCNU. Baik yang sudah dilaksanakan maupun dalam rancangan dalam menghadapi Muktamar ke-34 NU.

 

Penulis: Aminuddin 


Editor:

Pantura Terbaru