• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Pantura

PMII Jatim Gelar Tadarus Kaderisasi Perkuat Spirit Kader di Pesantren

PMII Jatim Gelar Tadarus Kaderisasi Perkuat Spirit Kader di Pesantren
Kegiatan tadarus kaderisasi zona Pantura oleh PKC PMII Jatim di Tebing Cafe, Paciran, Lamongan, Kamis (28/03/2024). (Foto: NOJ/ Dok. PMII Jatim)
Kegiatan tadarus kaderisasi zona Pantura oleh PKC PMII Jatim di Tebing Cafe, Paciran, Lamongan, Kamis (28/03/2024). (Foto: NOJ/ Dok. PMII Jatim)

Lamongan, NU Online Jatim

Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jatim menggelar Tadarus Kaderisasi di Zona Pantura, meliputi Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban. Kegiatan tersebut dipusatkan di Tebing Cafe, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Kamis (28/03/2024).

 

Ketua I Bidang Kaderisasi PKC PMII Jatim, Moh Sa'i Yusuf menuturkan, kegiatan tadarus kaderisasi merupakan ikhtiar untuk menumbuhkan spirit kader PMII dalam menjalankan kaderisasi, baik di lingkungan kampus maupun pondok pesantren.

 

"Tentu kegiatan ini untuk menambah spirit kita sebagai seorang kader, bagaimana tugas dari kaderisasi itu bisa terjemahkan dengan baik dari ilmu-ilmu yang akan disampaikan oleh beberapa sumber, terlebih pada hari ini kita mengangkat tema khusus di pondok pesantren," katanya.

 

Sa'i mengatakan, hingga detik ini belum ada mekanisme pengkaderan yang sepenuhnya terfokus di lingkungan pondok pesantren. Hal demikian merupakan alasan penting di balik pelaksanaan kegiatan tadarus kaderisasi tersebut.

 

Sebab itu, ia menekankan pentingnya pengkaderan kader-kader PMII yang berada di lingkungan pesantren. "Hari ini kita tidak menemukan satu mekanisme atau cara baru untuk membangun pengkaderan yang masif dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan sahabat-sahabat yang ada di pondok pesantren," ucapnya.

 

Diketahui, kegiatan itu mengusung tema "Reorientasi Kaderisasi PMII Jawa Timur di Kampus Swasta Berbasis Pesantren Zona Pantura". Acara ini diikuti kader PMII di semua tingkatan kepengurusan, mulai dari Pengurus Rayon, Komisariat, maupun Cabang se-Zona Pantura.

 

Adapun narasumber agenda tersebut yaitu Katib PCNU Lamongan KH Syahrul Munir, dosen Pascasarjana Universitas Al-Hikmah Indonesia sekaligus Mabinda PKC PMII Jatim Hj Nurotun Mumtahanah, dan Ketua IKA PMII Lamongan sekaligus Sekretaris Disparbud Lamongan Miftah Alamuddin.


Pantura Terbaru